Baznas Mataram merenovasi 30 rumah warga miskin ekstrem

id baznas Mataram, RLTH mataram,renovasi RLTH

Baznas Mataram merenovasi 30 rumah warga miskin ekstrem

Rumah salah satu warga di Kelurahan Dasan Agung yang mendapat bantuan pemugaran rumah tidak layak huni dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Senin  (ANTARA/Nirkomala) 

Mataram (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), melakukan renovasi terhadap 30 unit rumah tidak layak huni (RTLH) dengan sasaran masyarakat kategori miskin ekstrem.

Ketua Baznas Kota Mataram H Djaswad di Mataram, Rabu, mengatakan sebanyak 30 unit rumah yang dipugar berada di tiga kelurahan, antara lain di Kelurahan Dasan Agung dan Mapak.

"Besaran bantuan untuk satu unit rumah warga yang dipugar sebesar Rp20 juta, namun ada yang Rp25 juta," katanya.

Menurutnya, bantuan pemugaran RTLH itu diberikan berbeda, karena bagi sasaran yang sudah memiliki sanitasi masing-masing mendapat bantuan Rp20 juta dan jumlah sasaran sebanyak 20 unit.

Sedangkan yang tidak memiliki sanitasi bantuan pemugaran diberikan masing-masing Rp25 juta dengan jumlah sasaran sebanyak 10 RTLH.

"Dengan demikian, bantuan untuk pemugaran 30 unit RTLH ini sekitar Rp650 juta," sebutnya.

Namun demikian, lanjutnya, untuk tahap pertama ini program pemugaran RTLH dilaksanakan untuk 20 unit rumah sasaran yang masing-masing mendapatkan Rp20 juta.

Dari 20 unit itu, lima rumah sudah rampung dan sudah diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana dirangkaikan dengan penyerahan bantuan kursi roda, mesin jahit, dan biaya pengobatan.