Inilah Jenis Elektroda dan Fungsi Mesin Las Listrik

id Ralia.com

Elektrod dan fungsi mesin las listrik

....Peralatan las listrik tersebut merupakan transformator, yang fungsinya mengubah tegangan tinggi menjadi lebih rendah..."
Proses pengelasan dilakukan untuk penyambungan besi, agar bisa menjadi produk tertentu. Dahulu laskar bita taulasa setilin banyak digunakan. Namun dengan perkembangan zaman, pemakaiannya sudah mulai berkurang dan tergantikan dengan mesin las listrik.

Bentuknya mirip dengan trafo pada umumnya, tetapi fungsinya berbeda. Karena komponen elektronik yang terdiri atas kumparan kawat email tersebut khusus digunakan dalam proses pengelasan.

Peralatan las listrik tersebut merupakan transformator, yang fungsinya mengubah tegangan tinggi menjadi lebih rendah. Guna menunjang kinerjanya lebih optimal, maka disematkan potensi ometer, yang akan menentukan tegangan yang digunakan. Supaya bisa menghasilkan output yang disesuaikan dengan kebutuhan daya dalam proses pengelasan besi.  

Mesin las tersebut bisa menghantarkan arus listrik dengan daya relatif besar. Tetapi tegangan yang dikeluarkan masih dalam kategori aman, karena tegangannya kurang dari 45 volt. Aliran energi listriknya akan diubah menjadi energi panas. Suhu yang dihasilkan bisa mencapai 5500 derajat celcius. Dengan demikian, sangat membantu dalam pengelasan beragam jenis logam.

Ada beragam metode pengelasan yang termasuk ke dalam kategori las listrik, yaitu las listrik busur rendam, Metal Inert Gas (MIG), Tungsten Inert Gas (TIG), elektroda berselaput, dan elektroda karbon. Semua teknik tersebut bisa menghasilkan penyambungan permanen yang kuat. Sehingga bisa diaplikasikan untuk berbagai pengerjaan konstruksi berbahan dasar logam.

Terdapat tiga macam mesin pengelasan listrik, kalau dilihat dari jenis arusnya, yaitu las listrik arus bolak balik (AC), las listrik arus searah (DC), dan las listrik kombinasi DC dan AC. Las listrik DC menggunakan rectifier, yang bisa mengubah sifat arus AC menjadi DC. Arus listriknya memakai generator listrik.

Sekedar informasi, bagi kamu yang ingin membeli mesin las listrik sebaiknya kunjungi Ralali.com. Di Ralali.com jual mesin las listrik dengan harga murah dan berkualitas. Semua produk yang tersedia di Ralali.com berlisensi SNI.

Sedangkan untuk laslistrik AC tidak dilengkapi dengan rectifier, tapi cukup dengan menggunakan transformator. Sedangkan untuk las listrik kombinasi dilengkapi dengan rectifier dan transformator. Pemasangan rectifier bertujuan untuk meratakan arusnya.

Las listrik DC biasanya lebih banyak digunakan, karena mempunyai sejumlah kelebihan dibandingkan dengan las listrik AC. Keunggulannya adalah polaritas yang bisa diatur, dan busur api lebih stabil.

Jenis Elektroda
Kawat las atau elektroda digunakan dalam proses penyambungan logam. Material tersebut memiliki fungsi sebagai pembakar, sehingga membuat busur menyala. Komponen ini sangat penting dalam proses pengelasan, sehingga Anda juga harus mengenal setiap jenis elektrodanya. Berdasarkan selaput pelindungnya terdapat dua jenis elektroda, yakni elektroda polos dan berselaput.

Dalam memilih kawat las harus memerhatikan jenis logam, tebal bahan, posisi pengelasan, dan kekuatan mekanisnya. Saat dipanaskan dengan bantuan mesin las listrik, maka elektroda akan mencair karena paparan busur apinya. Setelah objek pengelasan dingin, maka akan terjadi sambungan yang sulit untuk dipisahkan.

Nah, dengan pemahaman atas variasi mesin pengelasan listrik tersebut akan memudahkan Anda dalam pemilihannya, sehingga Anda bisa mendapatkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan.



Pewarta :
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar