Pemkab Alor NTT mengajak masyarakat gali potensi kelautan

id NTT,potens laut alor,zet sony libing,penjabat bupati alor

Pemkab Alor NTT mengajak masyarakat gali potensi kelautan

Penjabat Bupati Alor Provinsi Nusa Tenggara Timur Zet Sony Libing (ANTARA/Benny Jahang)

Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, mengajak masyarakat daerah setempat untuk menggali potensi perikanan dan kelautan yang sangat melimpah dalam meningkatkan pendapatan ekonomi.

"Kabupaten Alor memiliki potensi hasil perikanan dan kelautan yang sangat melimpah sehingga perlu digali dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Penjabat Bupati Alor Zet Sony Libing ketika di hubungi dari Kupang, Sabtu.

Zet Sony Libing mengatakan hal itu terkait upaya pemerintah Kabupaten Alor dalam mengoptimalkan potensi perikanan dan kelautan dalam mendukung pembangunan ekonomi masyarakat.

Ia menjelaskan wilayah perairan Kabupaten Alor memiliki sumber daya perikanan yang sangat melimpah dan dikenal sebagai daerah penghasil ikan yang berkualitas. Potensi perikanan dan kelautan yang terdapat di wilayah perairan Kabupaten Alor seperti ikan kerapu, cucut, kakap, teri, tenggiri, dan tongkol sangat melimpah di wilayah perairan Kabupaten Alor, katanya.

"Apabila potensi yang ada ini dioptimalkan secara baik tentu bisa mendongkrak pendapatan ekonomi masyarakat," kata Zet Sony Libing.

Dia mengatakan pemerintah siap memberikan pendampingan dan pelatihan terhadap masyarakat dalam mengelola potensi yang ada sehingga berdampak pada peningkatan pendapatan ekonomi. Selain itu, katanya, Pemerintah Kabupaten Alor memberikan bantuan fasilitas penangkapan ikan seperti perahu maupun peralatan tangkap lainnya bagi para nelayan agar mampu meningkatkan hasil tangkapan.

Baca juga: Belitung Timur, Bangka Belitung memiliki potensi hub transportasi laut Jawa-Asia Fasifik
Baca juga: BPBD Jatim tunggu kajian potensi gunung bawah laut


"Bantuan alat tangkap diberikan kepada para nelayan sesuai kemampuan keuangan daerah," tegasnya.