Polda NTB siapkan 7.500 personel amankan Natal-Tahun Baru

id Pengamanan Natal ,Tahun Baru ,Polda NTB

Polda NTB siapkan 7.500 personel amankan Natal-Tahun Baru

Kapolda NTB Irjen Pol Umar Faruk saat melakukan kunjungan kerja di Polres Lombok Tengah, Senin (18/12/2023) (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru itu sebanyak 7.500 personel
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Barat (NTB) telah menyiapkan 7.500 personel untuk mengamankan pelaksanaan ibadah Natal 2023 dan peringatan Tahun baru 2024.

"Jumlah personel yang dilibatkan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru itu sebanyak 7.500 personel," kata Kapolda NTB Irjen Pol Umar Faruk saat melakukan kunjungan kerja di Polres Lombok Tengah, Senin.

Ia mengatakan ribuan personel tersebut akan disebar di beberapa titik keramaian, sehingga bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang melaksanakan ibadah Natal maupun liburan Tahun Baru di wilayah hukum Polda NTB.

"Ribuan personel gabungan itu akan disebar di titik keramaian, sehingga arus lalu lintas tetap lancar," katanya.

Baca juga: Jelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PLN siaga penuh jaga keandalan pasokan listrik di NTB

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan Operasi Lilin Rinjani dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru untuk menjamin keamanan masyarakat maupun wisatawan di NTB.

"Kami akan gelar Operasi Lilin Rinjani selama liburan Natal dan Tahun baru," katanya.

Ia mengimbau kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat untuk sama-sama menjaga kamtibmas, sehingga wisatawan yang datang ke NTB merasa aman dan nyaman.

"Potensi di NTB ini telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika untuk mendukung pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lombok Tengah, H Lalu Fathul Bahri mengatakan kondisi kamtibmas saat ini relatif aman dan terkendali, meskipun sempat terjadi persoalan. Namun, hal tersebut telah diselesaikan dengan baik oleh Polres jajaran bersama TNI, sehingga tidak meluas.

"Allhamdulillah kondisi di Lombok Tengah masih aman dan terkendali. Semoga sinergitas pemerintah bersama TNI dan Polri terus terjalin untuk ditingkatkan," katanya.

Baca juga: Gelar apel siaga Nataru 2023, PLN NTB siap pasok listrik andal