Pedagang di Pantai Istana Presiden di Sukabumi pingsan di sambaran petir

id Sambaran Petir ,Pantai Istana Presiden ,Kabupaten Sukabumi ,Polres Sukabumi ,Pedagang Tersambar Petir

Pedagang di Pantai Istana Presiden di Sukabumi pingsan di sambaran petir

Warga dan polisi saat mengevakuasi seorang pedagang yang tak sadarkan diri akibat terkejut dengan suara petir saat menjajakan barang dagangannya di Pantai Istana Presiden, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jabar pada Minggu, (31/12/2023). ANTARA/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Seorang pedagang yang tengah berjualan di Pantai Istana Presiden, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tak sadarkan diri atau pingsan dan dilarikan ke Pos Pengamanan Wisata Pantai Ruang Terbuka Hijau (RTH) Citepus  akibat sambaran petir pada Minggu, (31/12).\

"Kami mendapatkan laporan adanya warga yang tersambar petir di Pantai Istana Presiden, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu dan langsung menuju ke lokasi serta mengevakuasi korban yang saat ditemukan sudah tak sadarkan diri," kata Kasi Dokes Polres Sukabumi Aiptu Fahmi Yusah di Sukabumi, Minggu.

Menurut Fahmi, setelah dilakukan pemeriksaan medis oleh petugas kesehatan ternyata pemuda yang merupakan pedagang di objek wisata itu hanya terkejut .dengan suara petir yang menggelegar dan membuat panik pengunjung. Pemuda ini pun tidak mengalami luka, hanya trauma dengan suara petir dan saat ini sudah sadarkan diri dan kembali beraktivitas.

Informasi yang dihimpun dari petugas keamanan objek wisata pantai, sebelum petir tersebut menyambar tidak ada tanda-tanda sama sekali, bahkan saat kejadian cuaca cukup cerah.

Maka dari itu, petugas keamanan gabungan mengimbau wisatawan, pedagang dan warga untuk mewaspadai kejadian seperti ini. Kemudian menjauhi benda-benda yang bisa menghantarkan listrik yang berasal dari petir seperti pohon, tiang besi dan lain sebagainya serta tidak berada di lokasi terbuka.

"Korban sudah kami tangani dan menjalani pemeriksaan kesehatan, hasilnya baik dan tidak terluka. Pedagang ini tak sadarkan diri bukan karena disambar petir, tetapi kaget dengan suara petir yang datang tiba-tiba," tambahnya.

Baca juga: PKL di depan RSUD Praya Lombok Tengah ditertibkan
Baca juga: Pemkot Batu Jawa Timur lakukan percepatan digitalisasi UMKM


Di sisi lain, Fahmi mengatakan pada Minggu ini Dokes Polres Sukabumi bersiaga di Pos Pengamanan Wisata Pantai RTH Citepus untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para personel keamanan gabungan baik dari unsur TNI, Polri dan lainnya.

Layanan kesehatan ini juga bisa dimanfaatkan oleh siapapun seperti wisatawan, pedagang maupun wisatawan. Selain itu, pihaknya juga bisa diminta bantuan untuk datang ke berbagai lokasi khususnya di sekitar objek wisata.