Pemerintah Mataram siapkan peresmian Teras Udayana

id teras udayana mataram,wisata mataram,pengembangan pariwisata

Pemerintah Mataram siapkan peresmian Teras Udayana

Petugas menanam bibit bunga di pinggir area Teras Udayana di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat sedang mempersiapkan pelaksanaan peresmian tempat wisata Teras Udayana.

"Jika tidak ada halangan atau kejadian di luar prediksi, malam minggu ini Teras Udayana akan kita resmikan, sehingga bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Rabu.

Ia menyampaikan bahwa acara peresmian pada Sabtu (13/1) malam akan mencakup pertunjukan permainan tradisional Suku Sasak yang disebut Peresean. Peresean merupakan permainan adu ketangkasan memukul menggunakan rotan (penjalin) dan menangkis menggunakan tameng (ende) dari kulit sapi.

"Peresean menjadi salah satu permainan kearifan lokal yang harus dilestarikan, dan areal Teras Udayana ini bisa menjadi lokasi kegiatan seni dan budaya termasuk Peresean," kata Denny.

Selain itu, ia mengatakan, pada acara peresmian juga akan ditampilkan tarian kolosal, atraksi Gendang Beleq atau gendang besar, serta pertunjukan musik keroncong dan jazz.

"Kegiatan peresmian ini terbuka secara umum, sehingga masyarakat juga bisa datang menyaksikan," katanya.

Ia menyampaikan bahwa peresmian Teras Udayana akan diawali dengan acara doa bersama pada Jumat (12/1).

"Jumat pagi kita akan menggelar doa bersama untuk mengawali kegiatan peresmian Teras Udayana," katanya.

Teras Udayana, yang dibangun dengan biaya  Rp5,6 miliar, memiliki gelanggang pertunjukan seni budaya dengan tribune yang dapat menampung hingga 3.000 penonton.

"Amfiteater di Teras Udayana bisa dimanfaatkan oleh para pelaku seni dan budaya untuk menggelar pertunjukan sebagai bagian dari promosi pariwisata," kata Denny.

Baca juga: Pemasangan tanggul pengaman di Pantai Ampenan Mataram tuntas
Baca juga: Mataram tak terapkan pembatasan kegiatan wisata saat libur tahun baru 2024


Ia menyampaikan bahwa pemerintah kota juga sudah menyediakan 24 lapak bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah di samping Teras Udayana.

"Jadi masyarakat yang sudah menonton pertunjukan seni budaya bisa langsung menikmati aneka kuliner khas lokal di lapak UMKM," katanya.