Ratusan personel TNI, Polri dan ASN hijaukan kawasan Gunung Rinjani

id personel,TNI,Polri,penghijauan,penanaman pohon,gunung rinjani,rinjani

Ratusan personel TNI, Polri dan ASN hijaukan kawasan Gunung Rinjani

Ratusan personel TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggelar kegiatan pembersihan lingkungan (clean up) dan penanaman bibit pohon di jalur pendakian Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur (NTB), Kamis (1/2/2024). (ANTARA/HO-Dimyati)

Sedangkan kelompok kedua sebanyak 420 orang berangkat pada 09.30 Wita menuju Pos 2 dan Pos 3 jalur pendakian Sembalun Pelawangan
Lombok Timur (ANTARA) - Ratusan personel TNI, Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) menggelar kegiatan pembersihan lingkungan (clean up) dan penanaman bibit pohon di jalur pendakian Gunung Rinjani, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Timur (NTB), Kamis.

Komandan Kodim 1615 Lombok Timur Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro dalam keterangan tertulisnya mengatakan, pembersihan lingkungan di jalur pendakian Gunung Rinjani dan penanaman bibit pohon melibatkan 700 orang personel dari berbagai instansi dan semuanya diberangkatkan dari Kandang Sapi.

Personel yang dilibatkan terbagi menjadi dua kelompok yakni kelompok pertama berangkat pukul 06.30 Wita dengan jumlah personel 280 orang sebagai tim aju (tim pendahulu) dengan sasaran pelawangan Sembalun sebanyak 240 orang dan sisanya di Pos 4 sebanyak 40 orang.

"Sedangkan kelompok kedua sebanyak 420 orang berangkat pada 09.30 Wita menuju Pos 2 dan Pos 3 jalur pendakian Sembalun Pelawangan," ujarnya.

Baca juga: Ratusan personel TNI, Polri dan ASN siap tanam pohon di Gunung Rinjani
Baca juga: Wisata Gunung Rinjani Lombok hasilkan PNBP Rp14,71 miliar pada 2023


Perlengkapan yang dibawa sesuai kebutuhan masing-masing personel, bibit pohon, karung dan bekal logistik yang diberikan di Kandang Sapi.

Adapun bibit pohon yang dibawa sekitar 600 bibit pohon jenis Klokos, jukut, beringin, kepundung dan juwet, karung sebanyak 600 buah dan nanti juga ada pelepasan burung sebanyak 100 ekor.

Sesuai rencana, sambung Bayu Sigit, setelah mereka tiba pos masing-masing langsung melakukan penggalian lubang dan penanaman bibit pohon, namun jika waktu tidak memungkinkan untuk penanaman maka esok harinya dilakukan penanaman dan langsung pemungutan sampah.

"Khusus di Pelawangan dan Pos 4, jika waktu tidak memungkinkan maka esoknya (Jumat, 2/2) mereka lakukan penanaman bibit pohon dilanjutkan pengambilan sampah dari Pelawangan turun sampai Pos 2," terangnya.

Lebih lanjut, mantan Komandan Secata Rindam IX/Udayana juga menyebutkan Pangdam IX/Udayana bersama Forkopimda NTB baik Danrem 162/WB, Pj. Gubernur NTB dan Kapolda NTB, dan Forkopimda Lombok Timur ikut mensupport dalam pelaksanaan clean up dan reboisasi dengan ikut langsung di Pos 2 pada Jumatnya.

"Mohon doanya agar pelaksanaan clean up dan reboisasi ini berjalan aman dan lancar tanpa kendala," harap Letnan Kolonel Bayu Sigit.

Sebelumnya, pengecekan kesiapan personel tim aju dilakukan pada Rabu kemarin di lapangan Rest Area Kecamatan Sembalun oleh Dandim 1615 Lombok Timur.


Baca juga: Jaga kelestarian, Balai TNGR bersihkan sampah di kawasan Gunung Rinjani