Warga Lombok Barat antusias gunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024

id Pemilu 2024,Pemungutan Suara Pemilu 2024,lombok barat,antusias warga,gunakan hak pilih

Warga Lombok Barat antusias gunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024

Salah seorang warga menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024 di Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Nur Imansyah).

Alhamdulillah di pemilu ini kami sekeluarga bisa memberikan hak suara seperti pemilu-pemilu sebelumnya
Lombok Barat, NTB (ANTARA) - Warga di Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) antusias menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024.

Hal itu terlihat di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) terpantau, warga mulai berbondong-bondong datang pada pukul 09.00 Wita, Rabu.

Seperti halnya di TPS 6 Perumahan LA Resort, Desa Karang Bongkot, Kabupaten Lombok Barat, terdapat 289 DPT. Para pemilih sudah berjejer rapi memenuhi kursi-kursi yang disediakan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menunggu untuk dipanggil setelah menyerahkan surat undangan.

Sejumlah warga yang ditemui mengaku antusias dan menyambut gembira memberikan hak pilihnya di Pemilu 2024. "Alhamdulillah di pemilu ini kami sekeluarga bisa memberikan hak suara seperti pemilu-pemilu sebelumnya," kata warga Perumahan LA Resort, Saiful Hamdi.

Ia juga mengatakan, kegiatan pemilu yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali ini merupakan momen sejarah bagi bangsa Indonesia. Selain itu, kata Saiful, kegiatan pemilu juga menjadi ajang silaturahmi bagi warga sekitar.

Baca juga: 1.228 warga binaan Lapas Lombok Barat gunakan hak suara Pemilu 2024

Hal senada juga disampaikan warga yang tinggal di perumahan Bumi Harapan Permai (BHP) Labuapi, Lombok Barat yang juga menyambut gembira antusiasme pemilu tahun ini.

"Ternyata antusiasme warga sangat tinggi. Di empat TPS yang ada di perumahan ini dipenuhi warga," ujar Jaharudin.

Ia berharap pemilihan umum kali ini berjalan dengan lancar, adil dan jujur, sehingga siapapun yang akan memimpin Indonesia ke depannya akan berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Meskipun harus mengantre cukup lama karena animo masyarakat yang cukup tinggi dalam pemilihan umum kali ini, namun masyarakat tetap sabar menunggu nama mereka dipanggil oleh petugas KPPS, sebelumnya akhirnya menentukan pilihannya di bilik suara.

Baca juga: Kemenkumham NTB cek persiapan Lapas Lombok Barat gelar pencoblosan Pemilu 2024

Setelah keluar dari bilik suara dan memasukkan hasil suara yang dipilih di kotak suara yang telah dipersiapkan, masyarakat lantas langsung mencelupkan jarinya ke dalam tinta hitam yang sudah disediakan tanda mereka selesai melakukan pemilihan di tahun 2024 ini.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Data Informasi Bawaslu NTB Umar Achmad mengaku secara umum pelaksanaan pemungutan suara terpantau lancar dan tidak ada ditemukan kendala berarti.

"Dari pantauan kami semua aspirasi masyarakat dalam memberikan hak suaranya bisa diakomodir dengan baik di TPS yang ada," katanya saat berada di TPS 18 perumahan Bumi Harapan Permai (BHP) Labuapi.

Berdasarkan data KPU NTB, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di NTB untuk Pemilu 2024 sebanyak 3.918.291 pemilih. Untuk rincian per kabupaten/kota, di antaranya Lombok Barat sebanyak 517.891 pemilih, Lombok Tengah 772.406 pemilih, Lombok Timur 985.385 pemilih, Sumbawa 367.987 pemilih.

Selanjutnya Dompu 184.460 pemilih, Bima 376.525 pemilih, Sumbawa Barat 102.422 pemilih, Lombok Utara 183.391 pemilih, Kota Mataram 315.549 pemilih dan Kota Bima 112.347 pemilih. Adapun jumlah temlat pemungutan suara (TPS) se-NTB sebanyak 16.243 yang tersebar di 117 kecamatan dan 1.166 desa/kelurahan.