Pemkot Bima gelar Pasar Ramadhan dorong pertumbuhan UMKM

id Pemkot Bima Gelar Pasar Ramadhan ,Pasar Ramadhan 1445 Hijriah di Kota Bima,Kota Bima NTB,Pertumbuhan ekonomi,bazar ramadhan

Pemkot Bima gelar Pasar Ramadhan dorong pertumbuhan UMKM

Sejumlah masyarakat memenuhi kegiatan pasar Ramadhan di depan Masjid Raya Al Muwahiddin Kota Bima, Selasa (12/3/2024). (ANTARA/Kominfotik Kota Bima).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, menggelar Pasar Ramadhan 1445 Hijriah guna mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM di wilayah itu.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Bima, Tafsir mengatakan Pasar Ramadhan 1445 H itu digelar di depan Masjid Raya Al Muwahiddin Kota Bima. 

"Di samping meningkatkan pendapatan pelaku UMKM, juga sebagai wahana promosi masjid raya yang menjadi ikon baru di Kota Bima," ujar Tafsir dalam keterangan di Mataram, Selasa.

Ia menjelaskan kegiatan Pasar Ramadhan ini melibatkan sebanyak 150 pelaku UMKM. Diharapkan, melalui kegiatan ini masyarakat dapat mendapatkan produk makanan dan minuman siap saji selama bulan suci Ramadhan.

"Pasar Ramadhan ini berlangsung selama 1 bulan yaitu mulai dari tanggal 12 Maret 2024 sampai selesai, bertempat di depan Masjid Raya Al Muwahiddin Kota Bima," kata Tafsir.



Tafsir menyatakan sesuai arahan Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, bahwa Pasar Ramadhan tahun ini difokuskan pada satu titik saja yaitu di depan masjid raya.

"Bagi pelaku UMKM yang masih berjualan di lokasi awal di depan Asi Mbojo untuk dapat fokus berjualan di lokasi yang ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Ia menambahkan untuk Pasar Ramadhan di Serasuba murni inisiatif dari masyarakat sekitar, tetapi memang harus disatukan di depan masjid raya melalui imbauan, padahal jauh-jauh hari sebelumnya pihaknya sudah menyosialisasikan.

"Terima kasih kepada PT Pegadaian Cabang Bima yang sudah berkolaborasi dengan pemerintah yang menyediakan tenda untuk pelaku UMKM di Masjid Raya," katanya.