Pembalap Bagnaia tercepat tampil dominan di sprint race MotoGP Belanda

id Francesco Bagnaia,Sprint Race MotoGP Belanda 2024,MotoGP Belanda 2024

Pembalap Bagnaia tercepat tampil dominan di sprint race MotoGP Belanda

Pembalap Ducati Italia Francesco Bagnaia (Depan) dan pebalap Ducati Spanyol Marc Marquez bersaing saat balapan Grand Prix MotoGP Spanyol di arena pacuan kuda Jerez di Jerez de la Frontera pada 28 April 2024. (ANTARA/AFP/Jorge Guerrero)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco "Pecco" Bagnaia menjadi yang tercepat usai tampil mendominasi sejak awal di pergelaran sprint race MotoGP Belanda 2024 yang berlangsung di Sirkuit Assen, Sabtu malam WIB.

Bagnaia yang mengawali start sejak di urutan pertama mengungguli pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin dan pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales yang berada di podium kedua dan ketiga.

Sementara untuk posisi keempat dan posisi kelima secara berurutan ditempati oleh pembalap Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini dan pembalap PERTAMINA Enduro VR46 Racing Team, Fabio di Giannantonio.

Start dari pole, Bagnaia langsung memimpin diikuti oleh Martin, Alex Marquez dan Marc Marquez. Memasuki lap kedua terjadi insiden usai Marc Marquez mengalami kecelakaan di tikungan kedua.

Sementara itu Vinales mampu memanfaatkan situasi dengan merebut posisi Alex Marquez di posisi ketiga pada lap ketiga. Tidak terjadi perubahan posisi hingga mencapai lap kesembilan usai Bastianini melakukan manuver untuk merebut posisi Alex Marquez di posisi keempat.

Alex Marquez kehilangan kendali dan harus merelakan posisinya direbut oleh Giannantonia, Aleix Espargaro dan Brad Binder usai terkena penalti dan dijatuhi hukuman pengurangan Waktu tiga detik hingga membuatnya finis ke posisi delapan.

Baca juga: Tandem dengan pembalap Marquez musim depan
Baca juga: Pembalap Marc Marquez sebut dirinya banyak belajar dari Bagnaia


Hingga lap terakhir tidak ada perubahan posisi dimana Bagnaia kian tak terkejar. Kemenangan ini membawa Pecco menambah12 poin dan kini mengoleksi 165 poin menempati posisi kedua di klasemen sementara untuk membayangi posisi Jorge Martin yang kini masih memimpin dengan torehan 180 poin.

Hasil sprint race MotoGP Belanda:
1. Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo Team (19'58.090)
2. Jorge Martin - Prima Pramac Racing (+2,355 detik)
3. Maverick Vinales - Aprilia Racing (+4,103 detik)
4. Enea Bastianini - Ducati Lenovo Team (+6,377 detik)
5. Fabio di Gianntonio - PERTAMINA Enduro VR46 Racing Team (+8,869 detik)