Jenggala NTB silaturahmi lintas tokoh bersama JK

id Jenggala NTB,Wapres Jusuf Kalla,silaturahmi lintas tokoh,Lombok,NTB

Jenggala NTB silaturahmi lintas tokoh bersama JK

Ketua Jenggala NTB Hj Baiq Isvie Rupaedah. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Wakil Presiden HM Jusuf Kalla dijadwalkan akan bersilaturahmi dengan lintas tokoh masyarakat dan tokoh agama serta pimpinan daerah sekitar Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sabtu (6/4).

Ketua Jenggala NTB Hj Baiq Isvie Rupaedah di Mataram, Kamis, mengatakan, kegiatan itu akan diikuti 1.600 orang terdiri dari lintas tokoh masyarakat di Pulau Lombok, seperti gubernur/wakil gubernur, bupati/wali kota, ASN, tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi, tokoh pemuda, organisasi profesi, mahasiswa dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopinda).

"Kehadiran Pak Jusuf Kalla di acara ini sebagai Wakil Presiden sekaligus sebagai Dewan Pembina dan Dewan Pengarah Jenggala," kata Isvie.

Ia menjelaskan, kegiatan silaturahmi kebangsaan yang dihadiri Wapres tidak ada kaitan dengan kampanye pemilu maupun Pilpres 2019. Namun, murni dalam rangka dialog kebangsaan dengan para tokoh NTB, khususnya yang ada di Pulau Lombok.

Mengingat pada hari yang sama orang nomor dua di Indonesia kunjungan kerja di NTB juga untuk memantau percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa.

"Jadi ini murni silaturahmi. Tidak ada kaitannya dengan politik atau kampanye Pilpres 2019. Karena dibentuknya Jenggala ini bertujuan untuk meningkatkan demokrasi, sebagai lembaga riset dan kesejahteraan sosial," tegasnya.

Untuk itu, melalui kegiatan silaturahmi kebangsaan ini, diharapkan dapat mendinginkan suasana politik yang akhir-akhir ini sempat memanas, terutama di di kalangan masyarakat, sehingga masyarakat juga bisa memahami apa demokrasi itu.

"Kita lihat hari ini khususnya di media sosial banyaknya hoaks yang bertebaran. Melalui acara ini dan kehadiran Wapres Jusuf Kalla bisa menjelaskan demokrasi yang baik, sehingga hal yang tidak positif bisa dihilangkan," jelas Isvie yang juga menjabat Ketua DPRD NTB ini.

Sementara itu, Wakil Sekretsris Jenggala Pusat Pellondou Jack menyampaikan kegiatan silaturahmi kebangsaan yang diinisiasi Jenggala ini merupakan yang ketiga, setelah sebelumnya dilaksanakan pertamakali di Bandung Jawa Barat, Makassar di Sulawesi Selatan.

"Jadi ini kegiatan yang ketiga di Lombok. Ini tidak ada kaitan dengan politik praktis ataupun kampanye, karena ini sifatnya silaturahmi bersama Wapres Jusuf Kalla," katanya.