Lombok Barat membangkitkan pariwisata dengan lomba perahu

id Lombok Barat,Mendayung Perahu,Pariwisata lombok

Lombok Barat membangkitkan pariwisata dengan lomba perahu

Para nelayan berjuang menjadi yang terbaik pada lomba mendayung perahu yang digelar di Pantai Duduk, Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, NTB, Kamis (11/4/2019). (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, terus melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan industri pariwisata, salah satunya dengan menggelar lomba mendayung perahu di kawasan wisata Pantai Duduk, Senggigi, Kamis.

Lomba mendayung perahu sebagai salah satu rangkaian memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-61 Kabupaten Lombok Barat tersebut digelar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lombok Barat.

Sebanyak 300 peserta ikut dalam lomba tersebut. Mereka berasal dari 15 desa di lima kecamatan yang memiliki pantai, yaitu Kecamatan Sekotong, Lembar, Gerung, Labuapi, dan Batulayar.

Kepala DKP Kabupaten Lombok Barat H Subandi, mengatakan pihaknya memilih Pantai Duduk sebagai lokasi lomba untuk membantu menyosialisasikan dan memulihkan pariwisata Lombok Barat pascagempa.

"Melalui lomba kita ingin mengingatkan kepada nelayan untuk kembali menggunakan perahu dayung, karena selama ini nelayan terlena mengoperasikan perahu dengan mesin," katanya.

Ia menambahkan lomba mendayung perahu merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, lomba pertama digelar di Kecamatan Sekotong, pada 2017. Tujuannya juga untuk membantu menggairahkan pariwisata di wilayah paling barat Pulau Lombok tersebut.

Kedua, kata Subandi, digelar pada 2018 di Pantai Endok, Kecamatan Gerung. Lokasi tersebut dipilih sekaligus untuk menyosialisasikan bahwa masyarakat nelayan anti merusak lingkungan, tapi menjaga kelestarian lingkungan.

Seperti diketahui, kerusakan Pantai Endok salah satunya disebabkan pengerukan pasir untuk bahan bangunan.

"Pada tahun berikutnya, tidak hanya lomba mendayung perahu yang akan diadakan. Kita berencana akan mengadakan lomba sampan hias dan juga lomba renang pantai yang merupakan aspirasi masyarakat nelayan," ucap Subandi.

Dalam lomba mendayung perahu 2019 di Pantai Duduk tersebut dimenangkan oleh Kelompok Nelayan Beriuk Dayung, dari Dusun Cemare, Kecamatan Lembar. Mereka mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp3,5 juta.

"Alhamdulillah, tim kami juara satu. Kami sangat bersyukur sekali dan kami senang lomba mendayung sampan ini terus bisa diselenggarakan setiap tahunnya," kata Burhan, perwakilan Kelompok Beriuk Dayung.

Selain menggelar lomba mendayung perahu, DKP Kabupaten Lombok Barat juga telah menggelar berbagai kegiatan, di antaranya melepas sebanyak satu juta bibit ikan di perairan umum.

Selain itu, menjalin kerja sama dengan Balai Budidaya Lokal Sekotong dalam menyalurkan bibit ikan kakap putih kepada kelompok tani air payau, di mana setiap kelompok diberikan sebanyak 14 ribu ekor.

Dalam inovasi masakan, DKP Lombok Barat juga telah bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, untuk membuat masakan dari keong mas dan siomay dari ikan.