Mataram punya taman dari ban bekas

id ban,mataram,mohan

Hasil karya Komunitas Cinta Mentaram, di salah satu sudut Kota Mataram membuat kreasi taman dari ban bekas. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Komunitas Cinta Mentaram, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyulap ban bekas menjadi media tanam dan menata taman kota dengan limbah ban sebagai salah satu bentuk kreatifitas warga kota peduli terhadap lingkungan.

Pembina Komunitas Cinta Mentaram H Mohan Roliskana di Mataram, Kamis, mengatakan, ide pemanfaatan limbah ban menjadi media tanam itu didapat para anggota dengan melihat di media sosial "YouTube".

"Kebetulan, di tempat kita ada beberapa ban bekas sehingga langsung dikerjakan oleh teman-teman," kata Mohan yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Mataram ini.

Pengerjaan limbah ban menjadi media tanam dilakukan secara swadaya, begitu juga dengan bahan baku seperti ban bekas serta cat didapatkan dari sumbangan anggota. "Teman-teman mengecat, dan menghias ban bekas sendiri-sendiri sesuai ide masing-masing. Alhamdulillah, setelah jadi hasilnya cukup memuaskan," katanya.

Setelah jadi, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) untuk lokasi pemasangan media tanam menggunakan ban bekas tersebut.

Disperkim memberikan taman di kawasan Sweta yang pas untuk menempatkan media tanam ban bekas tersebut, karena taman tersebut juga kebetulan belum tertata maksimal. "Alhamdulillah, hasil kreasi anggota Komunitas Cinta Mentaram banyak mendapatkan apresiasi," katanya.

Bahkan, Komunitas Cinta Mentaram telah mendapat izin dari Disperkim untuk menggarap taman di depan bekas Gedung RSUP NTB, dan tim sudah membuat konsep sekaligus untuk menyemarakkan HUT Kota Mataram.

Sementara untuk pengawasan, lanjutnya, Disperkim telah menampatkan petugasnya untuk siaga menjaga taman tersebut agar tidak dirusak oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. "Kalau malam, taman yang ditata dengan ban bekas itu semakin menarik karena telah dilengkapi aksesori lampu hias," ujarnya.

Mohan menambahkan ke depan pembuatan media tanam dan penataan taman dengan menggunakan ban bekas akan diperbanyak lagi guna melengkapi penataan yang sudah ada di taman kota sekaligus untuk mengurangi limbah, serta bisa menjadi titik swafoto baru.

Komunitas Cinta Mentaram merupakan salah satu komunitas peduli lingkungan di Kota Mataram, dimana salah satu kegiatan rutinya adalah melakukan aksi gotong royong bersih-bersih yang dikemas dalam kegiatan "midang" (mersik atau bersih dalam lingkungan).*
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar