Otavio Dutra mewujudkan mimpi perkuat timnas Indonesia

id Otavio Dutra

Pesepak bola Persebaya Surabaya Otavio Dutra (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol saat menghadapi Persidago Gorontalo pada pertandingan babak 16 besar leg kedua Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (23/2/2019). Dalam pertandingan tersebut Persebaya Surabaya mengalahkan Persidago Gorontalo dengan skor akhir 7-0. ANTARA FOTO/Moch Asim/foc.

Mataram (ANTARA) - Bek naturalisasi Otavio Dutra mewujudkan mimpinya untuk memperkuat tim nasional Indonesia usai dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) mulai Rabu (21/8) sebagai persiapan menuju Kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022.

"Panggilan untuk masuk timnas Indonesia adalah mimpi saya dan keluarga sejak tiba di Indonesia," ujar Otavio ketika dihubungi Antara di Jakarta, Kamis.

Pemain berdarah Brazil itu sangat senang dan bangga dapat menjadi bagian dari skuat Garuda untuk pertama kalinya sejak menyandang status WNI.

Dia pun bertekad memberikan kemampuan terbaiknya demi memberikan hasil-hasil positif untuk Indonesia.

Sasaran awalnya, Otavio ingin membawa tim asuhan pelatih Simon McMenemy menaklukkan Malaysia dan Thailand di dua laga perdana Grup A Kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta masing-masing pada Kamis (5/9) serta Selasa (10/9).

"Kami memiliki pemain berkualitas tinggi jadi harus percaya bisa menang. Apalagi kami bermain di depan masyarakat Indonesia," kata pria yang bermain untuk Persebaya Surabaya di Liga 1 Indonesia 2019 itu.

Sementara terkait persaingan di posisi bek tengah timnas yang diisi nama-nama berpengalaman seperti Victor Igbonefo, Hansamu Yama dan Ricky Fajrin, pesepak bola berusia 35 tahun itu tidak terlalu mempermasalahkannya.

Menurut Otavio justru hal bagus untuk timnas Indonesia ketika diisi para pemain mumpuni.

"Saya sangat senang bisa menjadi bagian dari mereka. Bagus untuk timnas memiliki pemain berkualitas bagus di semua posisi, bukan belakang saja," tutur pesepak bola yang memulai karier di Indonesia sejak tahun 2010 tersebut.

Otavio Dutra menjadi salah satu dari 24 nama yang dipanggil untuk memperkuat tim nasional Indonesia di pemusatan latihan (TC) mulai 21 Agustus 2019 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, sebagai persiapan menuju Kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022.

Selain Otavio, ada lima pemain naturalisasi lain yang memperkuat skuat Garuda yakni Alberto 'Beto' Goncalves, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, Victor Igbonefo dan Osas Saha.

Dari nama-nama itu, hanya Osas dan Otavio yang sebelumnya tidak pernah memperkuat timnas Indonesia sejak dinaturalisasi.

Timnas Indonesia sendiri berada di Grup G Kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2022 bersama Malaysia, Vietnam, Thailand dan Uni Emirat Arab (UAE).
Pewarta :
Editor: Ihsan Priadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar