NTB RAMPUNGKAN RENCANA AKSI PENGEMBANGAN "OTAK KOKOQ"

id

     Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat tengah merampungkan rencana aksi pengembangan kawasan ekonomi baru Otak Kokoq Gading yang terletak di bagian selatan kaki Gunung Rinjani, Kabupaten Lombok Tengah.

     "Rencana aksi pengembangan kawasan ekonomi baru Otak Kokoq Gading tengah dirampungkan sehingga kegiatan di lapangan dapat segera direalisasikan," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nusa Tenggara Barat (NTB) Rosiady Sayuti, di Mataram, Kamis.

     Ia mengatakan  penyusunan rencana aksi pengembangan kawasan Otaq Kokoq Gading dan kegiatan penunjang lainnya itu merupakan bagian dari upaya peningkatan kinerja perencanaan pembangunan daerah yang diprogramkan sejak 2009.

     Penyelenggaraan urusan perencanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh Bappeda NTB tahun 2009 didukung alokasi anggaran sebesar Rp17,366 miliar lebih, dan sampai akhir tahun anggaran realisasi keuangan mencapai 94,55 persen atau 16,419 miliar rupiah lebih dengan realisasi fisik  99,41 persen.

     "Bappeda NTB dengan dukungan anggaran belasan miliar itu merealisasikan tujuh program perencanaan pembangunan sesuai target yang diharapkan tercapai," katanya.

     Ia mengatakan kegiatan yang dilaksanakan meliputi Pelaksanaan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi NTB, pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi NTB, hingga Musrenbang Provinsi NTB dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2010.

     Kegiatan lainnya adalah penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan  Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Provinsi NTB 2010, penyusunan KUA dan PPAS Perubahan APBD NTB 2009 dan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur NTB akhir tahun 2009.

     Selain itu juga disusun laporan hasil monitoring dan evaluasi, rapat koordinasi perencanaan pembangunan, penyusunan data dan informasi pembangunan daerah.

     "Demikian pula penyusunan Perda RTRW Provinsi NTB, penyusunan rencana aksi pengembangan kawasan otaq kokoq gading dan kegiatan penunjang lainnya dalam upaya peningkatan kinerja perencanaan pembangunan daerah," ujarnya.

     Dari aspek kepariwisataan, kawasan Otak Kokoq menyajikan kesejukan alam, air terjun, dan sumber mata air dengan volume absolut karena terletak di kaki Gunung Rinjani.

     Otak Kokoq merupakan sebutan dalam bahasa Sasak, yang berarti hulu sungai, yang terletak di Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Tengah, sekitar 50 kilometer arah barat Kota Mataram.

     Untuk menjangkau lokasi itu dari terminal bus Mandalika menuju Prau Banyar kemudian menggunakan ojek ke lokasi tersebut atau dapat melalui Paok Motong.

     Pada lokasi itu air mengucur dari pangkal pohon besar pada tebing yang tidak terlalu tinggi, sekitar 800 meter dari permukaan laut. Lokasi ini selalu dikunjungi masyarakat.

     Menurut kepercayaan masyarakat setempat, air Otak Kokoq dapat menyembuhkan berbagai penyakit sehingga warga sering berobat ke tempat itu dengan cara mandi sambil menengadahkan badan langsung di bawah air yang jatuh dari tebing.

     Orang yang mengidap penyakit tertentu setelah mandi di tempat tersebut akan terlihat  airnya keruh seperti air cucian beras.     Setiap orang tingkat kekeruhannya berbeda-beda sesuai penyakit yang dideritanya,  dan bagi yang sehat airnya tetap jernih.

     Biasanya orang akan berulang kali mandi sampai benar-benar sembuh. Penyakit yang bisa disembuhkan bermacam-macam, seperti penyakit kulit, rematik dan pegal.(*)