Ratusan disabilitas dan lansia di Poto Tano terima Bansos Pariri Pemda Sumbawa Barat

id BLT,Bansos,Warga

Ratusan disabilitas dan lansia di Poto Tano terima Bansos Pariri Pemda Sumbawa Barat

Sebanyak 513 orang lansia dan disabilitas di Kecamatan Poto Tano akhirnya menerima bantuan sosial Pariri dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu (17/5).

Taliwang (ANTARA) - Sebanyak 513 orang lansia dan disabilitas di Kecamatan Poto Tano akhirnya menerima bantuan sosial Pariri dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu (17/5).

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Camat Poto Tano, Agusman SPt.

Pembagian ini menindaklanjuti Rapat Koordinasi bersama Wakil Bupati di posko covid-19 beberapa waktu lalu untuk segera menyalurkan bantuan program Pariri disabilitas dan lansia dalam bulan ramadan, sehingga dapat dinikmati untuk lebaran.

"Untuk mempercepat pencairan dari Bank BNI Taliwang, kami bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan melakukan rapat tekhnis dan mengumpulkan semua data penerima," kata Camat Poto Tano, Agusman SPt, saat dihubungi di Poto Tano, Minggu.

Camat yang akrab disapa Daeng Agus, berusaha memaksimalkan keberadaan Agen Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) yang ada di desa dan peliuk dalam mempercepat pengumpulan data penerima bantuan.

Para penerima bansos ini sebelumnya sudah didata, namun berkas dikumpulkan untuk memperlancar proses pencairan dan distribusi, agar tidak terjadi dobel.

Setelah data selesai dikumpulkan, dengan rekomendasi Camat dan mandat dari masyarakat penerima bantuan, agen dapat mencairkan dana melalui pihak Bank dan diserahkan kepada para penerima.

Dengan cara ini, pencairan dan penyaluran dana bantuan sosial program Pariri lansia dan disabilitas yang sebelumnya terkendala waktu, dapat dilakukan dengan cepat efisien dan maksimal.

"Alhamdulillah semua dapat dibagikan tanpa kendala yang berarti," ungkap Daeng Agus.

Dia mengapresiasi kinerja para agen PDPGR yang sangat peduli dan amanah dalam membantu masyarakat dan mempercepat penyaluran bansos.

"Atas kerjasama dan pengawalan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa di seluruh desa kami ucapkan terimakasih, sehingga penyaluran bansos ini dapat terlaksana dengan aman dan lancar," tuturnya.

Daeng Agus berharap, semoga dengan bantuan ini dapat bermanfaat bagi lansia dan disabilitas dalam menghadapi Idulfitri 1441 Hijriah.

Sementara itu, Kepala Desa Poto Tano, M Nur Hasan, mengucapkan terimakasih kepada  pemerintah daerah KSB karena telah mempercepat pencairan dana bantuan sosial tersebut. Sehingga dapat dimanfaatkan penerima untuk lebaran.

"Terimakasih pak Camat, terimakasih Bupati dan Wakil Bupati karena bantuan sudah disalurkan, ini sangat bermanfaat bagi warga kami di tengah-tengah covid-19 dan menjelang Idul Fitri," katanya.