ETO'O PEMAIN TERBAIK AFRIKA

id



Johannesburg (ANTARA) - Striker Kamerun Samuel Eto`o terpilih untuk keempat kalinya sebagai pemain terbaik Afrika tahun ini, dalam acara pemilihan tahunan yang diadakan Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF), di Kairo, Senin malam.

Pemain berusia 29 tahun dari pusat kota Nkon itu terpilih di atas pemain yang pertama kali masuk final, Asamoah Gyan dari Ghana mantan terbaik Didier Drogba dari Pantai Gading, dalam pemilihan yang dilakukan para pelatih nasional itu.

Eto`o, yang terpilih dalam pemungutan suara paling bergengsi di Afrika itu selama tiga tahun sejak 2003, juga terpilih sebagai pemain terbaik dalam Piala Klub Dunia FIFA yang dimenangkan timnya di Italia, Inter Milan, Sabtu lalu.

Pemain dari Kamerun itu mencetak gol dari jarak dekat dalam kemenangan mereka 3-0 atas TP Mazembe dari Republik Demokratik Kongo, tim Afrika pertama yang maju ke final dalam 10 tahun kompetisi itu.

Inter kini juara dunia, Eropa dan Italia dan gol yang diciptakan mantan pemain Real Madrid, Real Mallorca dan Barcelona, Eto`o, merupakan gol vital dalam kesuksesan tim itu.

Namun ia kurang sukses ketika menjadi kapten tim Kamerun

"Indomitable Lions" tahun ini, saat timnya keluar dari perempat final kompetisi Piala Nasional Afrika di Angola.

Pencetak gol terbanyak dalam kompetisi itu mencetak satu gol ketika melawan Zambia dan satu gol ke gawang Tunisia, tetapi "Singa" itu mengalami kejutan ketika kalah atas Gabon dan juga bertahan Mesir, pada babak penyisihan sistem gugur.

Kamerun pun mengalami nasib naas dalam Piala Dunia yang untuk pertama kali dituanrumahi Afrika Juni lalu, kalah dalam tiga pertandingan penyisihan grup di bawah pimpinan Eto`o dan negara pertama yang tersingkir dalam turnamen itu.

Para pemain ketika itu berusaha mengatakan kepada pelatih asal Prancis Paul le Guen yang memilih para pemain, tentang Eto`o yang akan turun menghadapi Denmark dan Belanda.

TP Mazembe, empat kali juara Kejuaraan Liga Afrika yang mengalahkan Internacional dari Brazil 2-0 di Uni Emirat Arab minggu lalu sebelum menjadi runner-up atas Inter Milan, terpilih sebagai Klub Terbaik Tahun Ini.

Milovan Rajevac, pelatih Serbia yang membuat tahun 2010 sebagai tahun yang diingat di Ghana, mendapat penghargaaan sebagai Pemain Terbaik Tahun Ini.

Ia mundur setelah usai Piala Dunia dan bergabung dengan klub Arab Saudi, Al-Ittihad Jeddah.

Penghargaan lain termasuk pada pemain tengah Al-Ahly dan Mesir Ahmed Hassan (Pemain Kelahiran Afrika) dan pemain tengah Ghana Kwadwo Asamoah (Paling Berbakat dan Menjanjikan) sedangkan Ghana sebagai tim nasional terbaik. (*)