Pemkot Mataram siapkan kebutuhan Linmas jelang pilkada 2024

id Linmas Pilkada,Pemkot mataram,linmas

Pemkot Mataram siapkan kebutuhan Linmas jelang pilkada 2024

 Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram Irwan Rahadi. ANTARA/Nirkomala.

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan kebutuhan personel Perlindungan Masyarakat (Linmas) untuk mendukung pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram Irwan Rahadi di Mataram, Sabtu, mengatakan, jumlah personel Linmas yang dibutuhkan sekitar 1.596 orang dengan ketentuan satu tempat pemungutan suara (TPS) disiapkan dua orang Linmas.

"Informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) jumlah TPS Pilkada sekitar 798 titik tersebar di 325 lingkungan se-Kota Mataram," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, Satpol PP Kota Mataram selaku perwakilan Pemerintah Kota Mataram yang ditunjuk untuk menyiapkan personel Linmas, saat ini melakukan koordinasi dengan lurah dan camat.

Untuk menyiapkan personel Linmas tersebut, dia minta lurah dan camat melakukan pendataan calon personel Linmas untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram serta pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB.

Dia menyebutkan dengan memprioritaskan sebanyak 352 orang potensi Linmas yang tersebar di 50 kelurahan se-Kota Mataram untuk memudahkan pekerjaan sebab ratusan Linmas itu sudah terbiasa melaksanakan tugas di kelurahan masing-masing.

"Limas di kelurahan ini sudah terbiasa bekerja, sehingga tidak terlalu membutuhkan pelatihan atau bimbingan teknis secara khusus," katanya.

Selain itu, kata dia, kecamatan dan kelurahan juga bisa menggunakan Linmas yang sudah dilibatkan dalam pemilu 2024, namun harus diseleksi kembali karena yang akan digunakan hanya sebagian personel saja.

"Alasannya, karena jumlah TPS pilkada setengah dari jumlah TPS pemilu 2024. Jadi personel Linmas yang kita siapkan juga berkurang," katanya.

Setelah personel Linmas disiapkan oleh Pemerintah Kota Mataram, menurut dia, mereka selanjutnya akan diserahkan ke KPU Kota Mataram termasuk untuk pelantikan sebagai petugas Linmas pilkada 2024.

Irwan mengatakan dalam pelaksanaan pilkada, Satpol PP bertugas membantu dan mendukung kelancaran proses demokrasi berjalan aman dan lancar sesuai ketentuan.

Selain menyiapkan petugas Linmas, kata dia, Satpol PP secara berjenjang memastikan berbagai persiapan pilkada yang dilakukan pihak penyelenggara mendapat dukungan dari lurah, camat, masyarakat, serta pemangku kepentingan lain.

"Termasuk memastikan keberadaan fasilitas sekretariat badan Adhoc yang akan dibentuk KPU yakni PPK, PPS, dan KPPS sesuai ketentuan," katanya.