WEBSITE UNIVERSITAS BUNG HATTA PERINGKAT 136 DI INDONESIA

id

     Padang (ANTARA) - Website http://bunghatta.ac.id dikelola Humas Universitas Bung Hatta Padang yang berisi informasi seputar kegiatan di kampus itu menempati peringkat 136 dari 3.070 perguruan tinggi di Indonesia.

     Peringkat website UBH itu berdasarkan laporan resmi website 4ICU yang mengeluarkan daftar rangking web universitas sedunia melalui http://www.4icu.org/id, kata Kepala Biro Humas UBH Indrawadi di Padang, Rabu.

     Ia menjelaskan, 4ICU adalah sebuah mesin pencari dan direktori (search engine and directory) yang mereview universitas dan sekolah tinggi terakreditasi skala internasional.

     4ICU mereview website 9.200 universitas dan sekolah tinggi yang diurutkan berdasarkan tingkat popularitas web di 200 negara.

     Laporan resmi 4ICU mengeluarkan peringkat web perguruan tinggi se-Indonesia tahun 2011 yang masuk 150 besar nasional dan Website http://bunghatta.ac.id UBH berada di rangking ke 136 nasional.

     Dalam daftar 150 besar website perguruan tinggi di Indonesia, wesite Institut Teknologi Bandung (ITB) menempati posisi pertama, disusul Universitas Indonesia (2), Universitas Gadjah Mada (3), Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (4) dan Universitas Gunadarma Depok (5).

     Kemudian, Universitas Sumatera Utara Medan (6), Universitas Diponegoro Semarang (7), Universitas Bina Nusantara Jakarta (8), Universitas Pendidikan Indonesia Bandung (9) dan Universitas Sebelas Maret Surakarta (10), tambahnya.

     Untuk perguruan tinggi di Sumbar, Universitas Andalas Padang menempati rangking ke 17, Universitas Negeri Padang (33) dan Universitas Bung Hatta (136), tambahnya.

     Indrawadi mengatakan, melihat rangking Website http://bunghatta.ac.id itu, maka UBH harus banyak berbenah dalam berbagai hal, seperti pengayaan materi halaman situs web yang bisa ditemukan oleh Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.

     Pengayaan ini terutama terkait dokumen karya ilmiah yang dihasilkan UBH dan terekam pada Google Scholar serta Visibilitas (jumlah eksternal inlinks). (*)