AKTIVITAS PENYEBERANGAN LEMBAR-PADANGBAI DIHENTIKAN SAAT NYEPI

id

          Mataram, 25/3 (ANTARA) - PT Indonesia Ferry (Persero) Cabang Lembar, menghentikan aktivitas pelayaran Lembar-Padangbai saat perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1931 tanggal 26 Maret 2009.

         "Aktivitas penyeberangan Lembar-Padangbai yang biasanya dimulai pukul 06.00 Wita ditiadakan saat Perayaan Nyepi tanggal 26 Maret," kata Kepala PT Indonesia Ferry Cabang Lembar, Kaimuddin Maliling, yang dihubungi dari Mataram, Rabu.

         Ia mengatakan, penutupan sementara waktu aktivitas penyeberangan itu mengacu pada Surat Edaran Gubernur Bali yang ditujukan kepada pihak-pihak terkait.

         Namun, penutupan aktivitas penyeberangan itu hanya berlangsung sehari dan akan dibuka kembali 27 Maret 2009.

         "Jadwal pelayaran kapal penyeberangan ferry dari Pelabuhan Lembar kembali dibuka seperti biasa 27 Maret mulai pukul 06.00 Wita," ujarnya.

         Upaya penutupan aktivitas penyeberangan itu sudah disosialisasikan jauh-jauh hari meskipun hal itu sudah menjadi kebiasaan rutin setiap tahun.

         Sosialisasi kepada pengguna jasa angkutan penyeberangan juga dilakukan baik dalam bentuk pengumuman yang ditempelkan di pelabuhan penyeberangan dan sekitarnya, juga melalui media massa.

         "Saya yakin para pengguna jasa angkutan penyeberangan baik dari Lembar maupun Padangbai sudah mengetahui rencana penutupan aktivitas penyeberangan untuk sementara waktu terkait perayaan Nyepi itu," ujar Maliling.

         Diakuinya, aktivitas penyeberangan ferry dari rute Lembar-Padangbai didukung 11 unit kapal ferry namun dua unit mengalami kerusakan teknis dan tiga unit lainnya sedang dalam perbaikan di bengkel kapal (dok).

         Saat ini pihaknya menyiagakan enam unit kapal ferry yang dikelola PT Indonesia Ferry di pelabuhan penyeberangan Lembar yang siap beroperasi sesuai jadwal rutin.

         "Kapal ferry yang mengalami kerusakan teknis dan dok pun akan segera beroperasi lagi dan sementara ini cuaca cukup memungkinkan untuk pelayaran," ujarnya.(*)