Polresta Mataram menggencarkan pengawasan hewan ternak cegah PMK

id cegah pmk,wabah ternak,penyakit mulut dan kuku

Polresta Mataram menggencarkan pengawasan hewan ternak cegah PMK

Petugas bhabinkamtibmas bersama unsur pemerintahan tingkat desa berkoordinasi dalam pengawasan pencegahan penularan wabah PMK di Lingsar, Lombok Barat, NTB, Senin (6/5/2022). ANTARA/HO-Polresta Mataram.

Mataram (ANTARA) - Petugas Kepolisian Resor Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggencarkan pengawasan hewan ternak untuk mencegah penularan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Polresta Mataram Komisaris Besar Polisi Heri Wahyudi di Mataram, Senin menyatakan bahwa pihaknya menggencarkan pengawasan khusus di daerah pinggiran kota yang terdapat aktivitas peternakan.

"Seperti di wilayah Lingsar, Lombok Barat, melalui peran bhabinkamtibmas kami di sana, pengawasan kami lakukan bersama tenaga medis dari dinas kesehatan," kata Heri.

Dalam pengawasan tersebut, lanjutnya, petugas penyuluh lapangan dari Desa Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, turut dilibatkan.

"Semua pihak dilibatkan. Jadi ketika ada ditemukan ternak yang terjangkit, bisa segera ditindaklanjuti," ujarnya.

Namun demikian, Heri memastikan wilayah Lingsar yang masuk dalam wilayah hukum Polresta Mataram, belum ada satu pun ternak yang terjangkit PMK.

"Sejauh ini, situasi terpantau kondusif. Belum ada ternak di Lingsar yang terjangkit penyakit mulut dan kuku," ucap dia.

Lebih lanjut, Heri mengatakan bahwa Polri melalui peran bhabinkamtibas sudah mendapatkan arahan untuk melakukan pengawasan penularan wabah PMK secara terpadu.

Sosialisasi antisipasi penyebaran dan mengawasi penyaluran obat ternak turut menjadi perhatian bhabinkamtibmas.