Wagub NTB mendorong penuntasan sampah di DPSP Mandalika

id NTB,Wagub NTB Sitti Rohmi Djalilah ,Mandalika ,DPSP Mandalika

Wagub NTB mendorong penuntasan sampah di DPSP Mandalika

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Sitti Rohmi Djalilah. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitti Rohmi Djalilah mendorong pengelolaan sampah di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Nasional (DPSP) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah dapat dituntaskan.

"Mandalika termasuk dalam lima destinasi pariwisata super prioritas. Berdasarkan arahan dari Menko Kemaritiman dan Investasi bahwa kawasan Mandalika harus bersih dari sampah dan harus hijau karena prinsip pengelolaannya berdasarkan ekonomi hijau," ujarnya pada rapat koordinasi Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Mandalika di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan dukungan infrastruktur dan lingkungan sangat dibutuhkan dalam mengelola sampah di kawasan tersebut.

"Jadi, infrastruktur dan lingkungannya yang paling utama. Selain itu adalah pengolahan sampah, penghijauan, karena di situ ada ekonomi hijau," ucap Wagub NTB.

Menurut Wagub, penanganan sampah ini sangat penting agar sampah di Mandalika dan kawasan penyangga lainnya harus selesai di tahun 2023. Seperti pengolahan sampah di Kongok, Lemer, Pengengat dan revitalisasi BSF di Lingsar di Kabupaten Lombok Barat.

"Semuanya itu menjadi PR bersama karena belum masuk usulan. Sehingga rencana ini nantinya sejalan dengan program unggulan NTB Bersih NTB Hijau," terangnya.

"Yang jelas menjadi tujuan kita adalah masalah sampah selesai 70 persen penanganan dan 30 persen pengurangan. Kemudian rehabilitasi hutan dan konservasi tanah semuanya harus selesai," sambung Wagub NTB.

Selain itu, Wagub NTB, menyatakan kesempatan Mandalika bagian dari lima DPSP nasional harus betul-betul dimaksimalkan dengan anggaran diberikan pemerintah pusat.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wagub NTB dorong penuntasan sampah di DPSP Mandalika