PLN sebut keberhasilan di G20 karena kolaborasi semua pihak

id Pln, ktt g20, polda jatim

PLN sebut keberhasilan di G20 karena kolaborasi semua pihak

Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto (tengah) mengunjungi posko 3 di Gardu Induk Banyuwangi beberapa waktu lalu guna memastikan keamanan sistem kelistrikan untuk KTT G20 di Bali. (ANTARA/HO-PLN UIT JBM)

Surabaya (ANTARA) - General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) Didik Fauzi Dakhlan mengatakan keberhasilan pihaknya menjaga keamanan sistem kelistrikan saat pelaksanaan KTT G20 karena kolaborasi semua pihak.

"Salah satunya, di setiap Posko siaga, juga saat mobile ke lapangan, pengamanan nonstop 24 jam didampingi dari Kepolisian Daerah Jawa Timur," kata Didik di Surabaya, Selasa. Pemantauan pengamanan ini tampak saat Kepolisian Daerah Jawa Timur melakukan monitoring terhadap aktivitas anggotanya yang berada di posko siaga PLN sejak masa siaga dimulai.

Secara berurutan, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto bersama Pejabat Utama (PJU), Kapolres Banyuwangi, dan Kapolres Situbondo mengunjungi posko 3 di Gardu Induk Banyuwangi, sekaligus menyapa seluruh anggota pengamanan dari berbagai posko siaga PLN.

Didik mengungkapkan pihaknya melakukan persiapan dan perbaikan selama setahun sebelum kegiatan KTT G20 digelar di Bali. "Posko siaga kami tersebar di titik-titik obvitnas dan dijaga secara nonstop oleh personel secara bergantian, dan terus terhubung antar posko sehingga kondisi sistem (kelistrikan) dapat terpantau secara real time," ujar Didik.

Menurut dia, kolaborasi yang baik telah dilakukan PLN dengan semua pihak, sehingga berdampak pada kesuksesan penyelenggaraan KTT G20 di Bali, Indonesia. "Melalui keberhasilan ini, PLN menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik dari seluruh lapisan stakeholder sehingga dapat bersama membawa nama baik Indonesia di mata dunia," katanya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menyatakan pihaknya senantiasa memberikan dukungan penuh untuk seluruh upaya pengamanan yang dibutuhkan PLN. "Kami sudah menerima informasi kondisi di lapangan, dan sudah kami instruksikan kepada seluruh anggota yang harus terus mendampingi langkah PLN di lapangan," ujar oleh Toni.

Baca juga: PLN luncurkan program Living Ecosystem and Energy di Sumbawa Barat
Baca juga: PLN teken kesepakatan dengan Amazon untuk proyek tenaga surya 210 MW di Indonesia

Selain itu, Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo juga ikut memonitor anggotanya di seluruh posko siaga PLN untuk memastikan kondisi tetap kondusif dan aman.