457 calon PPK di Lombok Tengah mengikuti CAT

id PPK,Lombok

457 calon PPK di Lombok Tengah mengikuti CAT

Petugas saat memberikan pengarahan kepada peserta tes PPK Pemilu 2024 di SMKN I Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, NTB. ANTARA/Akhyar

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Sebanyak 457 calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) pada Pemilu 2024 di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, yang lulus administrasi mulai mengikuti tes dengan bantuan komputer atau computer assisted test (CAT) di SMKN I Praya Tengah.

"Kegiatan CAT PPK ini dibagi menjadi empat gelombang dan dilaksanakan dalam sehari," kata anggota KPU Kabupaten Lombok Tengah Ahmad Fuad Fahrudin di Praya, Selasa (6/12).

Dari hasil tes CAT, kata dia, akan dipanggil maksimal 15 orang di masing-masing kecamatan untuk tes wawancara pada tanggal 11—13 Desember 2022 berdasarkan hasil nilai mereka.

Selanjutnya, baru dilakukan peringkat lima besar untuk ditetapkan dan dilantik menjadi PPK. Sementara itu, 6—10 besar menjadi cadangan jika ada dari lima besar yang mengundurkan diri.

"Jumlah PPK yang dilantik sebanyak 60 orang yang tersebar di masing-masing kecamatan lima orang," katanya.

Dalam perekrutan PPK, kata dia, tetap memperhatikan keterwakilan perempuan, baik dalam pendaftaran maupun dalam pelantikan. Namun, apabila nilai mereka tidak memungkinkan, tentunya sesuai dengan aturan.

"Keterwakilan perempuan tetap ada, yakni 30 persen sesuai dengan aturan," katanya.

Ia menyebutkan soal CAT, antara lain, mencakup pengetahuan kebangsaan, kompetensi dasar, dan keterampilan pengetahuan pemilu.

"Materinya terkait pemilu, komitmen yang mencakup integritas, independensi, dan profesionalitas. Materi tes tidak jauh mengenai pemilu," katanya.