Penampakan buaya di Pujut Lombok Tengah rutin satu tahun sekali saat musim hujan

id Buaya,Buaya pujut lombok tengah,Lombok tengah,BKSDA,Buaya muara,Buaya Lombok Tengah sebesar apa

Penampakan buaya di Pujut Lombok Tengah rutin satu tahun sekali saat musim hujan

Cuplikan video berdurasi 55 detik dengan penampakan buaya yang diduga berada di Sungai Desa Bangket Parak, Lombok Tengah, NTB. (ANTARA/HO-cuplikan video warga)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Balai Konservasi Sumber daya Alam (BKSDA) NTB telah menurunkan tim observasi untuk melakukan penangkapan terhadap kemunculan buaya muara Sungai Tarung Arung, Desa Bangket Parak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. 

"Tidak ada info dari lapangan, besok tim akan turun lagi," kata Staf BKSDA NTB, Ganggan Widarma di Praya, Rabu. 

Babinsa di Kecamatan Pujut, Serda Ahmad Arifin mengatakan, kemunculan buaya ini bisa terjadi kapan saja dan munculnya pun di tempat yang berbeda beda di sungai, terjadi setahun sekali pada saat musim hujan dan sempat pada tahun 2016 buaya tersebut juga muncul di tempat yang sama. 

"Namun kali ini adalah kemunculannya yang kedua setelah kurun waktu tiga tahun terakhir setelah tahun 2019 buaya tersebut tidak pernah muncul" katanya. 

Selain itu, sebagai langkah antisipasi kemunculan seekor buaya di sungai Tarung arung, Babinsa bersama BKSDA NTB warga setempat akan mengambil langkah Preventif atau pencegahan untuk melakukkan pemasangan plang plang himbauan untuk masyarakat di titik titik dimana buaya tersebut sering menampakkan diri agar warga tidak mendekat ke lokasi tersebut. 

"Hal ini kami lakukkan demi keamanan warga agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan warga, karena kita tidak bisa prediksi kapan dan dimana lokasi buaya ini akan muncul di sungai ini," katanya.