Golkar akan usung Zaini Arony jadi cabup

id Golkar NTB

"Kendati belum ada pembahasan di tingkat partai, Golkar wajib mengusung Zaini Arony, selain karena dia ketua, juga populer dan tingkat elektabilitasnya tinggi,"
Mataram, (Antara Mataram) - Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Nusa Tenggara Barat akan mengusung H Zaini Arony, bupati petahana (incumbent) Lombok Barat menjadi calon bupati pada pemilihan kepala daerah 2013.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar NTB Hj Baiq Isvie Rufaida di Mataram, Selasa, mengatakan pihaknya akan segera mengambil langkah-langkah terkait pencalonan H Zaini Arony yang juga Ketua DPD Partai Golkar NTB itu.

"Kita akan segera membahas calon yang akan diusung Partai Golkar pada Pilkada 2013. Saat ini memang belum ada pembahasan di tingkat partai, karena masih menunggu kesiapan Ketua DPD Golkar NTB itu," katanya

Kendati belum ada pembahasan, menurut Isvie, hampir dapat dipastikan Partai Golkar akan mengusung calon petahana, yakni Zaini Arony.

Menurut Isvie, alasan Golkar mengusung Zaini Arony menjadi calon Bupati Lombok Barat, karena sebagai Ketua DPD Golkar, dia juga populer dan elektabilitasnya tinggi.

"Kendati belum ada pembahasan di tingkat partai, Golkar wajib mengusung Zaini Arony, selain karena dia ketua, juga populer dan tingkat elektabilitasnya tinggi," katanya.

Dia mengatakan, Golkar tidak perlu ragu mengusung Zaini Arony menjadi Cabup Lombok Barat pada Pilkada 2013, kendati hal ini belum dibahas di tingkat partai, namun pihaknya yakin akan memenangi Pilkada Lombok Barat.

Isvie mengatakan, dari konsultasi dengan masyarakat Zaini Arony diharapkan bersedia dicalonkan menjadi Bupati Lombok Barat untuk periode kedua.

Mengenai kemungkinan Golkar akan berkoalisi untuk memenangkan calonnya pada Pilkada 2013, dia mengatakan tentu akan ada koalisi yang efektif untuk memenangkan calon.

"Kita belum membahas kemungkinan koalisasi, namun tentunya kita menginginkan koalisi yang efektif untuk memenang calon yang kita usung pada Pilkada 2013," ujarnya.

Masa jabatan Bupati Lombk Barat H Zaini Arony dan Wakil Bupati H Mahrip akan berakhir pada 23 April 2014, namun karena pada 2014 akan dilaksanakan Pemilu Legislatif, maka Pilkada Bupati/Wakil Bupati Lombok Barat akan dipercepat.

Menurut rencana Pilkada tersebut akan September 2013 dan jika jika terjadi putaran kedua dijadwalkan pada November.

Rencana penyelenggaraan Pilkada di Lombok Barat sudah disampaikan ke KPU pusat, tinggal menunggu persetujuan dari pemerintah pusat

Menurut rencana, Pilkada Bupati/Wakil Bupati Lombok Barat akan berlangsung di 1.400 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 10 kecamatan dan meliputi 122 desa. Sementara jumlah pemilih diperkirakan mencapai 456.000 orang.