Gubernur Sultan HB X apresiasi penyelenggaraan UKW Joglosemar

id Sultan HB X,PWI,UKW Joglosemar

Gubernur Sultan HB X apresiasi penyelenggaraan UKW Joglosemar

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dalam pembukaan UKW Joglosemar di Auditorium Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Seni dan  Budaya, Sleman, DI. Yogyakarta, Kamis (16/3/2033) (ANTARA/HO-Istimewa)

Yogyakarta (ANTARA) - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengapresiasi penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang (Joglosemar) yang digagas PWI Provinsi Jawa Tengah, Surakarta, dan DIY bersama PT Semen Gresik.

Apresiasi itu disampaikan Raja Keraton Yogyakarta itu dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dalam Pembukaan UKW Joglosemar di Auditorium Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Seni dan Budaya, Kabupaten Sleman, DI. Yogyakarta, Kamis.

"Saya mengapresiasi yang tinggi kepada PWI DIY, PWI Jateng, PWI Surakarta, PWI Pusat, serta PT Semen Gresik atas penyelenggaraan UKW ini. Semoga kegiatan ini membantu meningkatkan kualitas dan kredibilitas jurnalistik di Indonesia sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat,'' kata dia.

Menurut dia, wartawan harus mampu menghadirkan informasi terpercaya dan berimbang kepada masyarakat meski hal itu bukan tugas mudah di era digital yang mempercepat penyebaran informasi yang tak terverifikasi, dan kadang kala menyesatkan.

UKW, kata dia, merupakan sarana menunjukkan keahlian dan kemampuan wartawan dalam dunia jurnalistik yang semakin kompleks dan berubah-ubah. Dia menilai UKW sangat penting karena menambah pengetahuan dasar dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi wartawan yang andal dan berintegritas.

Kegiatan UKW Joglosemar yang diikuti 54 peserta untuk kategori muda, madya, dan utama akan berlangsung hingga Jumat (17/3). Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari mengapresiasi penyelenggaraan UKW yang diinisiasi PWI Provinsi Jateng, PWI Surakarta, dan PWI DIY.

Sinergi penyelenggaraan UKW oleh tiga PWI, menurut Atal, merupakan yang pertama di Indonesia sehingga diharapkan berlanjut dan memberikan inspirasi bagi provinsi lain. Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS meyakini UKW yang digelar di Sleman tersebut sebagai bentuk rasa cinta kepada organisasi dan anggota kewartawanan tiga PWI.

''Kecintaan pada organisasi ini adalah bukti kami ingin membangun kualitas SDM di tiga daerah agar menjadi wartawan unggulan, teruji, mumpuni yang betul-betul menggabungkan secara menyeluruh, dan komprehensif kemampuan yang dipersyaratkan sebagai wartawan," ujar Amir.

Direktur Keuangan dan SDM PT Semen Gresik Muchamad Supriyadi mengaku bangga menjadi bagian dari upaya peningkatan kompetensi wartawan se-Indonesia sehingga menjadi wartawan yang kredibel, bertanggung jawab, dan profesional.

Baca juga: PWI Jateng minta wartawan jaga kredibilitas di era informasi
Baca juga: PWI ajak pers komitmen jaga persatuan menghadapi tahun politik


''Kalau wartawan memenuhi tiga hal, apa yang dituangkan wartawan dalam bentuk visual maupun tulisan tentu banyak masyarakat yang teredukasi atas pemberitaan yang disajikan, tak terkecuali pemangku dunia usaha,'' katanya.

Menurut Supriyadi, Semen Gresik sebagai anggota PT Semen Indonesia (Persero) Tbk sudah empat tahun mendukung UKW yang digelar PWI dalam rangka mencintai Indonesia dan meningkatkan edukasi bagi warga sehingga mendapatkan pencerahan yang baik dan informasi yang benar.