Berharap Duta Pariwisata Jawa Barat kembangkan sektor wisata

id Disparbud Jawa Barat, Duta Pariwisata Jawa Barat 202, sektor wisata

Berharap Duta Pariwisata Jawa Barat kembangkan sektor wisata

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat berharap keberadaan Duta Pariwisata Jawa Barat Tahun 2023, yang baru terpilih bisa berdampak positif dan dapat mengembangkan lagi sektor wisata di Jawa Barat. (ANTARA/HO-Humas Disparbud Jawa Barat)

Bandung (ANTARA) -
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud Jawa Barat berharap keberadaan Duta Pariwisata Jawa Barat Tahun 2023 yang baru terpilih bisa berdampak positif dan dapat mengembangkan lagi sektor wisata di provinsi itu.
 
"Setelah terpilih, diharapkan mereka punya komitmen terhadap pengembangan hal-hal positif khususnya di sektor pariwisata," kata Kepala Diparbud Jawa Barat (Jabar) Benny Bachtiar dalam keterangan tertulisnya, Selasa.
 
Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar melalui Disparbud mengapresiasi terselenggaranya Grand Final Duta Pariwisata Jawa Barat 2023, di Teater Tertutup Taman Budaya, Kota Bandung.Setelah melewati seleksi ketat, Reagan Evan Collin (Kota Depok) dan Serafin Ernesta Putri Anggari (Kabupaten Bekasi) terpilih sebagai juara. Sementara Aa Rusli (Kota Bandung) dan Lestri Kusumah (Kota Sukabumi) menjadi runner up, lalu Oscar Onfathe Ziduhu Daeli (Kabupaten Bekasi) dan Feby Valerie (Kota Bandung) menyandang gelar peringkat ketiga.
 
Benny mengaku bangga dengan prestasi seluruh peserta yang terlibat dan diharapkan kegiatan tersebut bisa memberikan dampak positif terhadap sektor pariwisata di Jawa Barat.
 
“Alhamdulillah acara ini berjalan lancar dan setelah beberapa kali audiensi dengan kami, akhirnya kegiatan bisa terselenggara dengan baik. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang. Ini menarik karena mereka mempunyai lisensi dari Kemenparekraf RI,” kata dia.
 
Pihaknya berharap ada keberlanjutan dari kegiatan Final Duta Pariwisata Jawa Barat 2023. "Event ini tidak hanya kompetisi pemilihan seorang duta, tetapi bagaimana dia bisa berkarya dan diberdayakan dalam ekosistem masyarakat pariwisata," kata dia.

Baca juga: Berikut empat desa wisata di Lombok Tengah masuk kategori Mandiri
Baca juga: Bukittinggi dan Agam gelar pacuan kuda Wako
 
Ajang Duta Pariwisata Jawa Barat sendiri sudah berlangsung sebanyak tiga kali. Kegiatan ini mempunyai misi untuk memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Jawa Barat melalui teknologi digital.
 
Tahun ini ada 100 lebih pendaftar yang berasal dari sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat. Setelah melalui seleksi tahap 1 dan 2, akhirnya terpilih 32 finalis untuk tampil di Teater Tertutup Taman Budaya. “Harapannya mereka yang berkarya di bidang ini bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih luas, baik nasional ataupun terserap di industri-industri pariwisata lainnya,” kata Benny.