Pengamat : Figur nasionalis jadi duet ideal bagi TGB bursa bakal Capres-Cawapres

id TGB,Pemilu,Capres, Pemilu Serentak

Pengamat : Figur nasionalis jadi duet ideal bagi TGB bursa bakal Capres-Cawapres

Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi (ANTARA/ HO-Ist)

Mataram (ANTARA) - Pengamat Politik UIN Mataram, Prof. Kadri mengapresiasi langkah Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo yang menunjuk Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi menjadi bakal cawapres dari partai yang ditetapkan KPU bernomor urut 16 pada kertas suara Pemilu 2024 itu.

Menurutnya, elektabilitas yang terus berada pada tren positif menjadi momen yang pas untuk mengumumkan kader Perindo yang akan turun pada Pilpres 2024 mendatang, demikian keterangan tertulis di terima Antara NTB, Kamis.

Kadri melanjutkan, penunjukan TGB sebagai alternatif bakal cawapres Perindo tidak lepas dari pengalaman politik yang dimiliki Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo itu. Ia menyebutkan, di dunia politik TGB pernah menjabat dua periode Gubernur NTB dan juga pernah menjadi anggota legislatif.

"Di samping sebagai politisi, TGB adalah ulama/tokoh agama, ketua umum PB NWDI, dan pimpinan alumni Al Azhar Mesir. Identitas-identitas tersebut mempertegas ketokohannya. Identitas ini penting untuk melengkapi nama-nama capres yang muncul yang banyak mewakili kelompok nasionalis," kata Kadri saat dihubungi, Rabu (22/3/2023).

"Pengikut TGB di Ormas yang dipimpinnya juga menjadi kekuatan tersendir untuk diperhitungkan oleh cawapres yang akan maju. TGB punya parpol dan menjadi ketua harian Perindo. Artinya peluang menggerakkan kader dan simpatisan selalu terbuka untuk memenangkan TGB dalam kontestasi pilpres," sambungnya.

Guru Besar UIN Mataram ini melanjutkan, figur TGB yang religius idealnya diduetkan dengan sosok yang nasionalis. Menurutnya, dalam hasil rilis sejumlah lembaga survei banyak tokoh nasionalis yang bermunculan sebagai calon yang kuat untuk maju pada Pilpres 2024 mendatang.

"Siapa pun capres untuk TGB tetap harus dalam rumpun rezim Jokowi atau atas restu Jokowi agar relevan dengan semangat Perindo yang menginginkan adanya kelanjutan agenda pembangunan," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo menyebut TGB HM Zainul Majdi cocok menjadi calon Wakil Presiden pada Pilpres 2024 mendatang. Hal itu disampaikan HT sapaan karibnya usai melantik pengurus DPW Perindo Nusa Tenggara Barat. TGB HM Zainul Majdi merupakan Ketua Harian Nasional Partai Perindo.

"TGB ini cocok dijadikan Wapres ya. TGB di NTB ini saya tidak ragukan lagi. Dia merupakan Gubernur NTB dua periode dan salah satu tokoh yang berpengaruh," kata Hary Tanoesoedibjo kepada wartawan di Mataram Sabtu (18/3/2023).

Baca juga: Bakesbangpoldagri: Potensi gejolak Pemilu 2024 di NTB kecil
Baca juga: Hasil survei UI ungkap polarisasi politik fakta terjadi di Indonesia


Disinggung mengenai siapa Calon Presiden pada Pilpres 2024 mendatang, HT menegaskan jika partainya sudah mengantongi nama. Menurutnya, figur Capres nanti selaras dengan Joko Widodo.

Hanya saja, dia tidak menyebutkan siapa nama bakal calon presiden yang dimaksud. "Sudah ada, cuma terlalu pagi kalau mengungkapkannya sekarang. Kita ingin fokus untuk memenangkan pemilu legislatif dengan menyiapkan calon anggota legislatif," ungkapnya.

Apakah Partai Perindo tetap berada di barisan Jokowi, HT mengatakan tetap mengawal program-program pemerintah Jokowi. "Tentu seiring, sejalan dengan beliau. Kita ingin ada keberlanjutan dari programnya. Jangan kita mulai yang baru, terus mulai dari nol lagi, dari nol lagi. Kapan majunya, kasihan rakyat," ungkapnya.