Berikut 3 Keunggulan Sirkuit MXGP Selaparang Lombok

id Sirkuit MXGP Selaparang Lombok,Sirkuit MXGP di Mataram,Keunggulan Sirkuit MXGP Selaparang Lombok ,MXGP,NTB,Gubernur NTB Zulkieflimansyah,Motorcross

Berikut 3 Keunggulan Sirkuit MXGP Selaparang Lombok

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah bersama Tim Angkasa Pura dan panitia meninjau lokasi di bangunnya sirkuit MXGP Lombok di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram. (ANTARA/Pemprov NTB). (1)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) melakukan peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Sirkuit Motorcross Grand Prix (MXGP) di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Selasa (9/5).

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan pembangunan sirkuit Motorcross yang memiliki panjang lintasan 1,6 kilometer di Eks Bandara Selaparang itu sebagai persiapan Mataram menjadi tuan rumah ajang balap Motorcross dunia setelah MXGP di Samota, Kabupaten Sumbawa.

Baca juga: Sirkuit MXGP Selaparang Lombok berlatar belakang pemandangan Gunung Rinjani
Baca juga: Harga tiket MXGP dari termurah Rp25 ribu sampai termahal Rp4 juta


"Dipilihnya Lombok sebagai lokasi MXGP pada 2023 adalah sebuah penghargaan atas kesuksesan MXGP Samota di Sumbawa pada 2022 lalu," ujarnya disela-sela peletakan batu pertama pembangunan lintasan sirkuit MXGP di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Selasa (9/5).

Berikut 5 keunggulan Sirkuit MXGP Selaparang Lombok

1. Pemandangan Gunung Rinjani

embangunan lintasan Sirkuit Motorcross Grand Prix (MXGP) di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram berlatar keindahan pemandangan alam Gunung Rinjani yang berada di sisi sebelah timur.

Desainer Sirkuit MXGP Bandara Selaparang Mataram, Noval Hadi mengakui meski dibangun di tengah kota, sirkuit MXGP Selaparang memiliki keunggulan, mudah diakses dan dikelilingi pemandangan alam indah.

"Track MXGP di Lombok ini termasuk flat track (tanpa kontur tanah asli) sehingga desain-nya akan mengikuti pemandangan yang ada. Karena kalau kita lihat dari sisi timur ada Gunung Rinjani setelah finis.

2. Lintasan Sirkuit MXGP Selaparang Lombok

Layout track akan menempati lahan seluas 500 x 144 meter dengan panjang lintasan 1,6 kilometer dengan 16 tikungan. Dengan latar lahan yang rata (flat), Noval menggambarkan sirkuit MXGP Lombok seperti grass track indoor dengan standar internasional.

"Layout ini juga sudah memiliki fasilitas skybox, vvip dan publik area tapi untuk handicap (tingkat kesulitan) masih kami rahasiakan," katanya.

3. Lokasi Sirkuit MXGP Selaparang Lombok

Lokasi Sirkuit MXGP Selaparang Lombok berada di tengah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat atau tepatnya di atas lahan eks Bandara Selaparang. Sehingga memudahkan akses para penonton. Dari hotel, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan.

Dekat dengan objek wisata unggulan Provinsi NTB, yakni, Kawasan Senggigi, Lombok Barat dan Gili Trawangan, Lombok Utara.