KONI Jabar andalkan Kabupaten Bekasi di PON mendatang

id Hattrick Juara Umum,Juara Umum PON,Hatrrick Jawa Barat,Kunker KONI Jabar,Kunjungi Kabupaten Bekasi

KONI Jabar andalkan Kabupaten Bekasi di PON mendatang

Diskusi olahraga 'Ngopi' atau 'Ngobrolin Prestasi' bertemakan Jabar Hattrick Juara PON XXI Aceh-Sumatera Utara menghadirkan Ketua KONI Jawa Barat dan Kabupaten Bekasi, Penjabat Bupati Bekasi, serta DPRD, Disbudpora, dan insan olahraga Kabupaten Bekasi di Hotel Sahid Lippo Cikarang, Sabtu petang. (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah).

Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat Muhammad Budiana mengandalkan atlet-atlet Kabupaten Bekasi sebagai salah satu lumbung emas di ajang PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2025 mendatang.

"Sudah bisa kita perkirakan bahwa kekuatan inti Jawa Barat salah satu di antaranya ada di Kabupaten Bekasi. Atlet-atlet Kabupaten Bekasi menjadi bagian utama pelatda (pemusatan latihan daerah)," katanya saat kunjungan kerja di Kabupaten Bekasi, Sabtu petang.

Dia mengatakan tujuan kunjungan kerja KONI Jawa Barat ke Kabupaten Bekasi dikarenakan daerah itu menjadi juara umum pada Pekan Olahraga Provinsi XIV Jabar di wilayah Priangan Timur beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu, Budiana meyakinkan segenap pengurus KONI Kabupaten Bekasi untuk terus semangat menjaga dan merawat prestasi atlet-atletnya, terlebih di akhir bulan ini akan digelar pengukuhan penetapan pelatda babak kualifikasi PON XXI.

Budiana mengaku Kabupaten Bekasi berpotensi menjadi salah satu tuan rumah pelatda mengingat konsep pemusatan latihan bersifat sentralisasi di provinsi dan desentralisasi di kota atau kabupaten yang ditunjuk dengan pembiayaan dibebankan dari anggaran provinsi.

"Bisa jadi di Kabupaten Bekasi karena kekuatan atlet kita salah satunya di sini selain daerah lain seperti Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, dan Kota Bogor," katanya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan memastikan pemerintah daerah mendukung penuh kebutuhan atlet melalui intervensi anggaran serta ketersediaan sarana dan prasarana olahraga demi peningkatan prestasi olahraga di daerah itu.

"Sebagaimana kita ketahui, keikutsertaan atlet Kabupaten Bekasi memperkuat kontingen Jawa Barat maupun Indonesia di multi event selalu kita dukung. Ini bukti komitmen kami merawat serta menjaga kemampuan atlet agar tetap di high performance," katanya.

Menurut dia salah satu kunci kesuksesan atlet meraih prestasi tertinggi adalah dengan memperbanyak mengikuti pertandingan untuk memperbanyak jam terbang serta pengalaman sehingga memiliki target khusus.

"Karena kita menyandang predikat juara umum pekan olahraga provinsi yang bukan hanya sekedar meraih medali dan piala terbanyak, melainkan juga atlet-atlet kita menjadi kekuatan inti. Percuma jadi juara umum kalau atlet-atlet kita tidak menjadi kekuatan inti Jawa Barat," ucapnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Bekasi Reza Luthfi Hasan memastikan atlet-atlet binaannya mampu berkontribusi besar mengantarkan Jawa Barat menjadi juara umum PON untuk ketiga kali secara berturut-turut.

Baca juga: Lima atlet Lombok Timur masuk peserta seleksi pra-PON 2024
Baca juga: KONI Papua prioritaskan atlet unggulan pra PON


"Sesuai apa yang telah dicanangkan KONI Jawa Barat yakni hattrick juara umum PON. Jangankan di kancah nasional, di ajang internasional pun atlet-atlet kami sudah siap tempur. Kami siap mengawal Jawa Barat menjadi juara umum di Aceh dan Sumatera Utara nanti," kata dia.