Sarwono Kusumaatmadja mantan menteri era Orde Baru wafat

id sarwono kusumaatmadja,gedung manggala wanabakti,KLHK,Sarwono Kusumaatmadja mantan menteri era orde baru wafat

Sarwono Kusumaatmadja mantan menteri era Orde Baru wafat

Pelayat melaksanakan shalat jenazah di depan jenazah Sarwono Kusumaatmadja di Gedung Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta Pusat, Minggu (28/5/2023). (ANTARA/Sugiharto Purnama)

Jakarta (ANTARA) - Jenazah Sarwono Kusumaatmadja disemayamkan di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Jakarta pada Minggu, sebelum dimakamkan di kompleks permakaman San Diego Hills di Karawang, Jawa Barat.


Kendaraan yang membawa jenazah Sarwono tiba di Gedung Manggala Wanabakti pada pukul 08.59 WIB diiringi mobil-mobil yang ditumpangi oleh keluarga dan pejabat pemerintah.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong menyambut kedatangan jenazah Sarwono di depan pintu masuk Gedung Manggala Wanabakti.

Jenazah Sarwono kemudian disemayamkan di Auditorium Soedjarwo di Gedung Manggala Wanabakti.

Pelayat secara bergantian melaksanakan shalat jenazah dan memberikan penghormatan terakhir untuk Sarwono, yang menjabat sebagai menteri pada masa pemerintahan Presiden Soeharto dan Presiden Abdurrahman Wahid.

Di antara pelayat yang datang ke Gedung Manggala Wanabakti ada mantan wakil presiden Muhammad Jusuf Kalla.

Sarwono pada Jumat (26/5) meninggal di rumah sakit di Penang, Malaysia, karena sakit kanker paru-paru.

Semasa hidup, dia pernah menjabat sebagai menteri negara pendayagunaan aparatur negara (1988-1993), menteri negara lingkungan hidup (1993-1998), dan menteri eksplorasi kelautan (1999-2001).

Di samping itu, dia menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat dari tahun 1971 sampai 1988 dan anggota Dewan Perwakilan Daerah dari Provinsi DKI Jakarta dari 2004 sampai 2009.

Baca juga: Sebanyak 2.100 mantan pejuang Timtim dapat sertifikat tanah
Baca juga: Mantan Ketum PSSI Iwan Bule apresiasi timnas Indonesia berhasil raih emas


Sebelum meninggal, Sarwono menjabat sebagai ketua Panitia Seleksi Pejabat tinggi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, ketua Dewan Pertimbangan Iklim, dan ketua Tim Pemilihan Penerima Kalpataru.