Tingkatkan kapasitas personel PMI Jabar latihan penyelamatan di ketinggian

id PMI Kota Sukabumi ,PMI Kabupaten Sukabumi ,PMI Kabupaten Bekasi ,Kota Sukabumi ,Vertical Rescue,Tingkatkan kapasitas per

Tingkatkan kapasitas personel PMI Jabar latihan penyelamatan di ketinggian

Puluhan personel PMI dari tiga daerah yakni Kabupaten/Kota Sukabumi dan Kabupaten Bekasi menggelar latihan bersama tentang penyelamatan di ketinggian atau vertical rescue. Antara/Aditya Rohman

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Meningkatkan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia (SDM), relawan Palang Merah Indonesia menggelar pelatihan penyelamatan di ketinggian (vertical rescue) yang diselenggarakan selama tiga hari, 21-23 Juli 2023 di Gedung Widaria Kencana (GWK) Kota Sukabumi, Jawa Barat.
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi personel PMI dalam memberikan pertolongan kedaruratan dan evakuasi kepada korban dalam kondisi medan yang tidak biasanya (ekstrem) seperti di ketinggian" Ketua Bidang Pengembangan SDM dan Diklat PMI Kabupaten Bekasi Teguh Wahyudi di Sukabumi pada Minggu, (23/7).
 
Menurut Teguh, pelatihan yang digelar di Kota Sukabumi ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam bidang vertical rescue sebagai bekal para relawan PMI dalam melaksanakan operasi kemanusiaan.
 
Keahlian penyelamatan ini penting dalam peningkatan kapasitas sukarelawan PMI, karena keahlian tersebut sebuah kebutuhan, terlebih dalam operasi penanganan dan evakuasi korban bencana dalam medan berat dan terjal.
 
Diharapkan, setelah melaksanakan pelatihan ini kemampuan para personel PMI bisa meningkat khususnya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. Selain itu, pelatihan ini juga bekal bagi para relawan karena sewaktu-waktu bisa ditugaskan untuk mengevakuasi korban di ketinggian baik itu korban bencana dan lainnya.

Baca juga: PMI Jabar latih relawan siap mengikuti Jumbara
Baca juga: PMI berkomitmen terus jaga kepercayaan publik
 
Sementara, Staf Humas PMI Kabupaten Sukabumi Ariel Solehudin menambahkan kegiatan ini memang harus rutin dilaksanakan agar kemampuan atau keahlian seluruh relawan PMI khususnya Kabupaten Sukabumi terus meningkat. Dalam pelatihan itu diikuti 35 orang peserta dari PMI Kabupaten Bekasi, Kota dan Kabupaten Sukabumi. Pada kegiatan tersebut juga dipraktekkan bagaimana cara mengevakuasi korban dari ketinggian.