Tiga petinju Maluku Utara raih tiket PON

id Petinju,PON, Atlet Tinju, Petinju Maluku Utara

Tiga petinju Maluku Utara raih tiket PON

Petinju Maluku Utara saat tampil di Pra PON di Kota Ternate beberapa tahun silam, Senin (31/7/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Maluku Utara mengumumkan bahwa tiga petinju sukses meraih tiket untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh-Sumatera Utara usai mengikuti Pra-PON di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Pertina Malut targetkan enam petinju untuk lolos ke PON XXI tahun 2024, tetapi hasilnya belum sesuai keinginan," kata Ketua Pertina Malut Nasri Abubakar saat dihubungi di Ternate, Senin. Ketiga petinju peraih tiket PON 2024 tersebut yakni Reza Midun dari kelas 67,5 kg, Aimar Kopong kelas 54 kg, dan Stevani Malaor kelas 50 kg.  Dari 10 petinju Maluki Utara yang megikuti agenda Pra-PON di Makassar, hanya tiga atlet yang berhasil mengamankan jatah ke PON 2024.

Berkaca pada hasil tersebut, saat ini Pertina Malut menyiapkan sejumlah petinjunya untuk kembali berlaga di Pra-PON II yang akan dipusatkan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Oktober, sehingga target sebelumnya diharapkan bisa diwujudkan dengan menambah enam petinju yang lolos ke PON 2024.

Kendati demikian, Nasri juga mengapresiasi kerja keras seluruh petinju dan ofisial sehingga bisa membawa tiga petinju Maluku Utara melanjutkan langkahnya ke agenda utama di Aceh-Sumatera Utara tahun depan. "Meskipun kami mengalami keterbatasan dana dan bantuan dari pemerintah, tetapi target untuk mendapatkan jatah ke PON tahun 2024 terus diperjuangkan melalui Pra-PON di NTT nanti," ujarnya.

Baca juga: Petinju Hebi Marapu kantongi dua gelar usai kanvaskan petinju Thailand
Baca juga: Petinju Anthony Joshua akan naik ring pada 1 April


Sebelumnya, Pertina Malut juga meloloskan tiga petinju ke PON XX Papua 2021, dan mempersembahkan satu medali perunggu yang diraih petinju putri Metrina Nenohai yang tampil di kelas 45 kg. Sedangkan dua petinju putra, Aimar Kopong di kelas 49 kg dan Rahul Buamona di kelas 52 kg, belum berhasil meraih medali untuk Provinsi Maluku Utara.