Enam rumah terbakar di Balikpapan

id kebakaran margomulyo,Kebakaran, enam rumah ludes terbakar di Balikpapan, Balikpapan

Enam rumah terbakar di Balikpapan

Suasana kebakaran di Kota Balikpapan. (ANTARA/novi abdi)

Balikpapan (ANTARA) - Enam rumah tinggal hangus dalam peristiwa kebakaran di kawasan Gunung Satu, RT 08, Kelurahan Margo Mulyo Kecamatan Balikpapan Barat Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Senin “Data sementara kami, 17 jiwa kehilangan tempat tinggal,” kata Lurah Margomulyo Syarifah Alfah di lokasi kejadian Kota Balikpapan, Senin

Asap hitam mulai membumbung tepat di belakang Plaza Kebun Sayur sekitar pukul 16.16 Wita. Di kawasan tersebut, rata-rata rumah terbuat dari kayu dan berhimpitan, membuat api dengan cepat membesar dan merembet ke bangunan lain.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan mengerahkan setidaknya 12 unit mobil pemadam kebakaran dan dibantu suplai air oleh water canon Unit SAR Brimob Polda Kaltim. Puluhan relawan juga terlibat upaya memadamkan api.

Si jago merah berhasil dijinakkan pada pukul 17.15 Wita atau lebih kurang satu jam kemudian. Menurut Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan Usman Ali, akses jalan yang sempit serta banyaknya warga yang menonton menjadi kendala timnya dalam memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sementara itu untuk penyebab kebakaran masih diselidiki pihak kepolisian. Lurah Syarifah Alfah menambahkan, pasca kejadian ini pihaknya mulai melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial dan para pihak terkait untuk penanganan korban. "Seperti ke mana mengungsi untuk sementara. Juga apakah perlu dapur umum atau bagaimana, ini masih kami koordinasikan," demikian Lurah Syarifah.

Saat ini juga, selain kebakaran di pemukiman, kebakaran lahan juga menjadi perhatian di Kota Minyak. Sehari sebelum peringatan Hari Kemerdekaan yang baru lalu misalnya.

Tim Respons Cepat Bencana Sat Brimob Polda Kaltim turut serta membantu masyarakat melakukan evakuasi dan memadamkan api dari kebakaran lahan di Jalan Syarifudin Yoes dekat persimpangan dengan Jalan Kolonel Pol Asnawi Arbain.

Baca juga: Sebanyak delapan rumah dan fasilitas sekolah di Aceh Tenggara terbakar
Baca juga: Sejumlah rumah di Pesisir Barat Lampung terbakar


Pada saat yang sama juga terjadi kebakaran lahan di Jalan Marsma Iswahjudi di lahan kebun di depan Hotel Haai. “Anggota kami segera merespon panggilan tersebut dan berjuang memadamkan api,” kata Komandan Satuan Brimob Polda Kaltim Kombes Pol Andy Rifai.