Polres Sibolga patroli bersepeda ciptakan keamanan area publik

id berita sumut,polres sibolga gelar patroli,berita medan terkini

Polres Sibolga patroli bersepeda ciptakan keamanan area publik

Personel Sat Samapta Polres Sibolga, saat  menggelar patroli bersepeda di SPBU Taman Bunga, untuk menciptakan keamanan di area publik. (ANTARA/HO- Humas Polres Sibolga).)

Medan (ANTARA) - Personel Sat Samapta Polres Sibolga, Sumatra Utara, menggelar patroli bersepeda untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan di area publik. Patroli bersepeda ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari program prioritas Kapolda Sumut, guna memastikan ketertiban dan keamanan di wilayah Kota Sibolga.

"Petugas patroli dialogis yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Bripda Rahmad Pahlawan Nomas, Bripda Michael Arnold Hutabarat, Bripda Antonius Sigalingging, dan Bripda Benito Sitorus yang tengah menjalani diklat pemberdayaan Polri," kata Kasat Samapta Polres Sibolga AKP JP Aruan dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan, Sabtu.

JF Aruan menyebutkan beberapa lokasi yang menjadi fokus patroli antara lain Kantor KPU, Kantor Bawaslu, Bank BNI, SPBU Taman Bunga, Pasar Sibolga Nauli, serta Terminal Kota Sibolga. "Dalam menjalankan tugasnya, para petugas patroli bertujuan untuk mengantisipasi potensi tindakan premanisme, pungutan liar, dan perilaku 3C (curas, curat, curanmor) yang dapat meresahkan masyarakat di Kota Sibolga," ucapnya.

Ia mengatakan patroli ini juga berperan dalam mengimbau masyarakat agar jika melihat atau menemukan adanya tindakan premanisme jalanan, segera melaporkannya melalui Call Center 110 dan Whatsapp Polres yang telah disediakan yaitu 08116512003.

Hal ini menunjukkan komitmen polisi dalam menjaga keterlibatan aktif masyarakat dalam memelihara keamanan. "Hasil dari patroli ini sangat memuaskan. Pelaksanaannya berjalan lancar dan baik, menciptakan situasi aman dan kondusif di lingkungan yang dilakukan patroli," katanya.

Kasat Samapta menambahkan tindakan premanisme jalanan, pungutan liar, dan parkir liar berhasil dicegah, sehingga menciptakan situasi yang kondusif, aman dan nyaman bagi warga Sibolga. Langkah ini juga memperkuat ikatan antara Polres Sibolga dan masyarakat, menunjukkan peran aktif polisi dalam memberantas tindakan yang meresahkan.

Baca juga: Patroli dialogis cegah karhutla di Dompu NTB
Baca juga: Polisi patroli dialogis pengamanan objek wisata di Solo


"Dengan patroli bersepeda ini, Polres Sibolga menunjukkan komitmennya dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman, nyaman, dan terlibat dengan masyarakat dalam menjaga ketertiban," kata JF Aruan.