Newmont Bangun Jaringan Listrik Untuk Warga Sekongkang

id neemont batu hijau

Newmont Bangun Jaringan Listrik Untuk Warga Sekongkang

PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) Bantu Hijau Kabupaten Sumbawa Barat

Kita berupaya agar jaringan listrik itu dapat segera dinikmati oleh masyarakat. Selama ini warga kampung 41 Alfa yang bermukim di sekitar pintu masuk (gate) PTNNT di Kecamatan Sekongkang itu hanya mengandalkan pasokan listrik secara swadaya dari gens
 Mataram,  (Antara NTB) - PT Newmont Nusa Tenggara membantu membangun jaringan listrik untuk 30 kepala keluarga Kampung 41 Alfa di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, yang selama ini hanya mengandalkan genset.

Staf Department Social Responsibility (SR) PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) Ifnanul Ma`wa yang dihubungi dari Mataram, Senin, mengatakan saat ini pihaknya sedang melaksanakan pemasangan tiang listrik.

"Kita berupaya agar jaringan listrik itu dapat segera dinikmati oleh masyarakat. Selama ini warga kampung 41 Alfa yang bermukim di sekitar pintu masuk (gate) PTNNT di Kecamatan Sekongkang itu hanya mengandalkan pasokan listrik secara swadaya dari genset," ujarnya.

Ia mengatakan melihat kondisi masyarakat, perusahaan kemudian mengambil kebijakan untuk memfasilitasi warga untuk mendapatkan pasokan listrik," kata Ifnanul.

PTNNT melalui Department Social Responsibility melaksanakan pemasangan tiang dan gardu listrik, sementara daya listriknya bersumber dari PLN.

Menurut dia konstruksi untuk pemasangan jaringan listrik itu hampir rampung. Selanjutnya pemanfaatan untuk aliran daya listrik akan diambilalih oleh PLN.

"Setelah meteran listrik ada, PLN akan langsung mengalirkan listrik dan warga langsung bisa menikmati listrik," kata Ifnanul.

Selain memberi bantuan pembangunan jaringan listrik, tahun 2015 ini, PTNNT juga melakukan perbaikan sejumlah ruas jalan di wilayah Sekongkang, salah satunya ruas jalan menuju perkampungan 41 Alfa dan ruas jalan yang ada di Desa Sekongkang Atas maupun Sekongkang Bawah.

Ruas jalan tersebut diperbaiki dan dilapisi hotmix dan direncanakan selesai sebelum tahun 2015 berakhir.

Untuk membiayai sejumlah program pemberdayaan dan pembangunan tersebut, PTNNT mengalokasikan anggaran miliaran rupiah.

Selain itu perusahaan tambang emas dan tembaga itu juga menginisiasi pembentukan kandang ternak bersama di Desa Sekongkang Bawah. Luas lahan yang disediakan untuk kandang ini mencapai dua hektare lebih.

"Pengelolaan kandang tersebut kolektif oleh masyarakat pemilik ternak. Ternak masyarakat bisa dititip kandang tersebut," kata Ifnanul.(*)