Forikan Agam bagikan 1.200 mangkok bakso ikan

id Gerakan makan ikan,Forikan,Gurami,Sumatera Barat

Forikan Agam bagikan 1.200 mangkok bakso ikan

Ketua Forikan Agam Ny Yeni Andri Warman. ANTARA/HO-Diskominfo Agam

Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Agam, Sumatera Barat membagikan 1.200 mangkok bakso ikan secara gratis kepada pelajar di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Agam.
 
Kegiatan itu dalam mendukung Gerakan Urang Agam Makan Ikan (GURAMI) untuk memeriahkan Hari Ikan Nasional (Harkanas), di Agam. Ketua Forikan Agam Ny Yenni Andri Warman di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan 1.200 mangkok bakso itu dibagikan khusus kepada siswa SD.
 
"Masing-masing siswa kami berikan satu mangkok bakso ikan yang sengaja kami buat," katanya lagi.
 
Ia menambahkan, pembagian bakso ikan itu bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Agam. Selain membagikan bakso ikan, pihaknya juga mengadakan berbagai kegiatan seperti bazar produk olahan perikanan, bazar pangan murah, kuliner ikan, pemeriksaan kesehatan gratis dan panggung hiburan.
 
"Kegiatan ini mendukung Gerakan Urang Agam Makan Ikan (GURAMI) untuk memeriahkan Hari Ikan Nasional (Harkanas)," katanya,

Dia mengimbau warga untuk meningkatkan konsumsi ikan dengan membudayakan makan ikan suatu keharusan. Hal ini dengan harapannya gizi individu maupun kolektif masyarakat bagus, sehingga terwujud generasi generasi emas yakni, generasi yang cerdas, sehat, kuat, dan memiliki karakter yang baik.
 
Sekretaris Daerah Agam Edi Busti memberikan apresiasi kepada Ketua Forikan Kabupaten Agam beserta pengurus yang telah menginisiasi GURAMI sebagai upaya percepatan peningkatan konsumsi ikan di Agam.
 
"Melalui GURAMI dan peringatan Harkanas ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat, serta menjadikan ikan sebagai salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi masyarakat," katanya pula.
 
Ia menambahkan, ikan merupakan sumber protein yang selalu hadir di dalam menu keluarga guna mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Agam.
  Potensi perikanan Agam sangat melimpah mulai dari laut, sungai, waduk, kolam maupun sawah.

Baca juga: Forikan NTB mengajak masyarakat gemar konsumsi ikan cegah
juga: Mataram menyalurkan 600 paket makanan olahan ikan bagi anak

 
"Potensi tersebut harus dimanfaatkan secara optimal dan dilestarikan untuk kesejahteraan masyarakat, terutama dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mendukung ketahanan pangan dan gizi nasional," katanya.