Enam bus perintis layani mudik ke pelosok desa NTB

id Bus Perintis

Enam bus perintis layani mudik ke pelosok desa NTB

(1)

Mataram (Antara NTB) - Perum Damri menyiapkan enam bus perintis untuk melayani masyarakat yang ingin mudik ke pelosok desa di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

"Kami berharap masyarakat memanfaatkan bus perintis milik Damri itu untuk mudik ke kampung halaman atau ke Kota Mataram," kata Kepala Terminal Mandalika Kota Mataram Shaiful Jihad di Mataram, Rabu.

Enam bus perintis tersebut melayani rute Teluk Awang, Kabupaten Lombok Tengah, Desa Ropang, Mata, Orong Telu, Tampar Goal dan Labangka, Kabupaten Sumbawa.

Seluruh bus perintis tersebut sudah dioperasikan sejak Maret 2016 namun belum begitu banyak masyarakat yang memanfaatkannya.

Meskipun tidak ada penumpang, kata Shaiful, bus perintis tersebut harus tetap jalan sampai di tempat tujuan karena sudah dibiayai pemerintah.

"Meskipun kosong harus tetap jalan, itu bedanya dengan bus komersial karena penyediaan bus perintis kewajiban pemerintah," ujarnya.

Menurut dia, penyebab belum dimanfaatkannya bus perintis tersebut karena belum banyak diketahui oleh masyarakat dan belum adanya kepentingan masyarakat dari desa menuju kota dan sebaliknya.

"Masyarakat Desa Orong Telu saja menonton bus perintis itu ketika datang ke desanya, mereka pikir mobil pejabat yang datang," ucap Shaiful.

Meskipun belum begitu memasyarakat, kata dia, keberadaan bus perintis tersebut akan terus disosialisasikan hingga nantinya benar-benar dimanfaatkan sebagai moda transportasi darat pendukung kemajuan ekonomi daerah.

"Nanti kalau sudah dimanfaatkan betul oleh masyarakat baru dilepas sebagai moda transportasi komersial," kata Shaiful. (*)