Banjarmasin mengincar potensi atlet disabilitas

id Soina Kota Banjarmasin, Pemkot Banjarmasin, kejuaraan olahraga disabilitas di Banjarmasin,Atlet SOIna kalsel

Banjarmasin mengincar potensi atlet disabilitas

Kontingen atlet disabilitas yang mengikuti kejuaraan Special Olympics Indonesia (SOIna)  tingkatkan Kota Banjarmasin pada 21--22 November 2023 di Kota Banjarmasin, Selasa (21/11/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Banjarmasin.)

Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengincar potensi atlet penyandang disabilitas pada berbagai cabang olahraga melalui Kejuaraan Special Olympics Indonesia (SOIna) 2023.
 
Wakil Wali Kota Banjarmasin Arifin Noor di Banjarmasin, Selasa, menyampaikan Kejuaraan Special Olympics Indonesia (SOIna) diharapkan mampu mendapatkan atlet disabilitas yang handal dan berprestasi tinggi.
 
Sebab, ungkap dia, kejuaraan yang digelar di Lapangan SKB Mulawarman Banjarmasin tersebut diikuti lebih 100 atlet dari kaum disabilitas.\ Arifin menyebutkan para atlet tersebut mengikuti sebanyak 10 cabang olahraga, yakni bocce down syndrome, bulutangkis, lari down syndrome, lari, lempar turbo, lompat jauh, renang down syndrome, renang, senam ritmik down syndrome dan tenis meja.
 
Dia pun juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus cabang SOIna Kota Banjarmasin yang turut terlibat dalam kejuaraan yang berlangsung dari 21--22 November 2023.
 
Menurut dia, kejuaraan SOIna tersebut bertujuan sebagai upaya menumbuhkembangkan potensi orang bertalenta khusus, terutama para atlet penyandang disabilitas intelektual dan down syndrome.
 
Kepada para atlet, dia mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas semangat, serta dedikasi luar biasa yang menunjukkan sikap kerja keras, ketekunan dan semangat pantang menyerah, para atlet dapat mencapai hal yang luar biasa melalui olahraga.
 
"Pekan SOIna Kota Banjarmasin 2023 ini merupakan tempat yang tepat bagi kita dalam mendukung inklusi sosial, di mana setiap individu, tanpa terkecuali memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan berkontribusi positif terhadap Kota Banjarmasin," ucapnya.
 
Dengan adanya kejuaraan ini, menurut Arifin, menunjukkan pesan kuat setiap orang tanpa memandang kondisi dan kemampuan, berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berprestasi dan memberikan sumbangsih bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.
 
"Saya berharap, kegiatan ini bukan hanya menjadi sebuah ajang kompetisi, tapi juga bisa menjadi ajang silaturahmi yang memperkuat solidaritas," kata Arifin.
 
Sementara itu, Ketua harian SOIna Kota Banjarmasin, Nariansyah menyampaikan 120 atlet yang akan mengikuti lomba kejuaraan SOIna tersebut.
 
"Kejuaraan SOIna ini setidaknya mencari para atlet kita untuk mengikuti tingkat provinsi bahkan nasional itu yang sebenarnya," jelasnya.

Baca juga: Papua berikan penghargaan bagi atlet Peparpenas 2023
Baca juga: Kerja keras atlet-atlet disabilitas berbuah kepingan emas
 
Kemudian, Nariansyah mengungkapkan cabang olahraga renang terdapat satu atlet Banjarmasin yang mendapatkan medali emas di ajang nasional pada beberapa waktu lalu.
 
"Sebetulnya kita punya atlet sudah ada, jadi inikan kami simpan untuk tingkat provinsi itu aja," ungkap Nariansyah.