Sidoarjo Jatim meminta guru jaga profesionalisme

id Peringatan hari guru, Kabupaten Sidoarjo

Sidoarjo Jatim meminta guru jaga profesionalisme

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (dua dari kanan). ANTARA/HO-Pemkab Sidoarjo

Sidoarjo (ANTARA) -
Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor meminta pada guru di daerah itu menjaga profesionalisme yang sudah dilakukan selama ini guna menjadikan pendidikan di kabupaten setempat menjadi lebih baik.
 
"Pendidikan akan maju, jika gurunya unggul yaitu profesionalismenya tinggi, serta kedua kualitas sekolah termasuk di dalamnya sarana prasarana dan kurikulumnya mampu menjadikan anak didiknya menjadi pribadi yang baik," katanya di sela peringatan Hari Guru di kabupaten setempat di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (26/11).
 
Ia mengatakan untuk menjadikan pendidikan di Kabupaten Sidoarjo unggul, diperlukan tenaga pendidik atau guru yang unggul pula, serta kualitas sekolah yang terbaik.
 
Ia menekankan pentingnya pengajaran soft skill di sekolah, meliputi berkomunikasi, bekerja sama, berpikir kritis, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, sebagai hal yang perlu ditanamkan sejak dini.
 
"Guru tidak hanya berkewajiban mengajarkan hal-hal teknis. Bagaimana anak-anak berkolaborasi, memiliki semangat tim, dan yang terpenting adalah bagaimana mereka membentuk akhlak yang mulia," ujarnya di sela Karnaval Guru RA itu.

Ia berharap, acara Karnaval Guru RA tidak hanya menjadi momentum perayaan, tetapi juga panggilan untuk terus bersatu demi masa depan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak Kabupaten Sidoarjo.

Baca juga: Bupati Bima meminta penerapan Merdeka Belajar dimaksimalkan
Baca juga: Prof Ali Masykur sebut politik pendidikan Islam jangan kaji ulang Pancasila
 
"Mari kita bersama-sama memberikan yang terbaik untuk pendidikan di Kabupaten Sidoarjo, terutama untuk mencetak generasi muda menuju generasi emas tahun 2045," katanya.