TNI perkuat hospitality pemandu wisata di kawasan Mandalika

id KEK Mandalika ,Lombok Tengah ,NTB

TNI perkuat hospitality pemandu wisata di kawasan Mandalika

Foto bersama pada acara pelatihan hospitality pemandu wisata di KEK Mandalika yang digelar Kodim 1620 Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (18/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Kodim 1620 Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kodim 1620 Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat berkolaborasi dengan Injurney menggelar pelatihan bagi pemandu wisata dalam rangka meningkatkan hospitality di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

"Journey Hospitality House bertujuan menggabungkan elemen hospitality dan kecintaan serta keramahtamahan pemandu pariwisata untuk menciptakan ruang interaktif bagi para pengunjung untuk mengeksplorasi potensi pariwisata di kawasan Mandalika," kata Dandim 1620 Lombok Tengah Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara di Praya, Senin.

Ia mengatakan Investasi dan pengembangan pariwisata di Indonesia terus mengalami perkembangan positif dari tahun ke tahun terlebih di kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah NTB.

"Kegiatan Journey Hospitality House ini di gelar dari tanggal 18 - 20 Desember 2023, di Paddock Lounge Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika," katanya.

Baca juga: BUMN di NTB kejar target penghijauan di sekitar kawasan Sirkuit Mandalika

Dengan menghadirkan kegiatan berbasis hospitality dan informatif, diharapkan dapat menarik perhatian para pecinta otomotif dan pengunjung yang tertarik dengan keindahan alam Mandalika.

"Acara ini tidak hanya mengangkat potensi pariwisata, tetapi juga mengedepankan kerjasama antara sektor swasta dan militer dalam mendukung pembangunan nasional demi keramahtamahan Indonesia untuk dunia," katanya.

Selain itu, Keterlibatan Kodim 1620/Lombok Tengah memberikan dimensi khusus pada acara tersebut, juga menghadirkan satu ahli bahasa sebagai tutor terhadap para peserta untuk menunjukkan sinergi positif antara sektor publik dan swasta dalam mengembangkan destinasi pariwisata di Lombok Tengah, sebagai bagian dari perhatian terhadap perkembangan wisata lokal Lombok Tengah.

"Sehingga melalui ini kami berharap dapat menciptakan momentum positif bagi industri pariwisata Indonesia, khususnya di Mandalika," katanya .

Selain kegiatan pelatihan, kolaborasi ini juga telah melaksanakan kegiatan bersih bersih saluran dalam rangka pencegahan banjir, sebagai bentuk dukungan dalam memajukan pariwisata dari ancaman bencana banjir.

"Sehingga ke depan, selain pelatihan dan pembersihan area depan sirkuit, TNI juga akan melaksanakan bersih Pantai untuk menjaga kebersihan serta keindahan pantai sebagai upaya menimbulkan rasa nyaman bagi wisatawan sebagai partisipasi dalam memajukan pariwisata di Lombok Tengah," katanya.*

Baca juga: Kodim memperkuat kemampuan Bahasa Inggris pemandu wisata Lombok Tengah