Kodim memperkuat kemampuan Bahasa Inggris pemandu wisata Lombok Tengah

id Mandalika ,TNI Lombok Tengah ,NTB

Kodim memperkuat kemampuan Bahasa Inggris pemandu wisata Lombok Tengah

Acara pelatihan bahasa Inggris yang digelar Kodim 1620 Lombok Tengah, Provinsi NTB bagi pemandu wisata di kantor Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Jum'at (1/12)2023) (ANTARA/HO-Humas Kodim 1620 Lombok Tengah)

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kodim 1620 Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar pelatihan Bahasa Inggris dan teknik memandu wisata bagi para pelaku industri pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada wisatawan.

"Ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan wisata di wilayah KEK Mandalika," kata Dandim 1620 Lombok Tengah Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara di Desa Sengkol, Lombok Tengah, Jumat.

Ia mengatakan program tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris dan memberikan keterampilan teknis dalam memandu wisata sehingga lebih profesional dan sebagai langkah sadar wisata bagi masyarakat.

"Pelatihan ini diharapkan dapat membuka peluang baru bagi pelaku wisata lokal, meningkatkan daya saing destinasi, dan menciptakan pengalaman berwisata yang lebih memuaskan bagi pengunjung," katanya.

Dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik, kata dia, diharapkan interaksi antara wisatawan dan pemandu lokal dapat lebih lancar, meningkatkan tingkat kepuasan, serta memperluas peluang kerjasama lintas budaya. 

Kegiatan tersebut, lanjut dia, juga merupakan komitmen Kodim 1620 Lombok Tengah berperan aktif dalam pembangunan masyarakat dan pengembangan sektor pariwisata. Pelatihan yang diikuti masyarakat lokal dan Babinsa itu menghadirkan instruktur dan ahli bahasa. 

Dengan sinergi antara keahlian bahasa dan pengetahuan teknis, pelaku wisata di KEK Kuta Mandalika, kata dia,  diarahkan untuk menjadi mitra yang handal dalam mempromosikan pesona lokal dan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi para pengunjung.

"Semoga dengan sadar wisata, sektor pariwisata di kawasan Kuta Mandalika dan sebagainya dapat berkembang secara berkelanjutan dan memberikan manfaat positif bagi seluruh komunitas setempat," katanya.