Personel Kepolisian jaga 78 gereja di Lampung Selatan

id Lampung Selatan ,Polri ,Natal 2023

Personel Kepolisian jaga 78 gereja di Lampung Selatan

Suasana saat sejumlah anggota kepolisian dan Kapolres melakukan pengamanan di sejumlah gereja di Lampung Selatan. (ANTARA/HO-Humas Polres Lampung Selatan)

Lampung Selatan (ANTARA) - Sebanyak 316 personel Kepolisian menjaga keamanan dan mengantisipasi adanya gangguan ketenteraman dan ketertiban umum di 78 gereja di Lampung Selatan, pada perayaan Malam Natal 2023.

Kepala Bagian Operasi Kompol Tangguh Satya Buana, di Kalianda, Minggu, menjelaskan bahwa pada perayaan Malam Natal, seluruh gereja yang melaksanakan kegiatan ibadah dilakukan pengamanan, dengan menerjunkan satuan tugas pengamanan operasi.

"Pada malam Natal ini kami mengamankan 41 gereja, sedangkan besok pada hari Natal, Senin 25 Desember, kami mengamankan 78 gereja dengan total kekuatan pengamanan Polri sebanyak 316 personil," kata dia.

Ia juga mengatakan, pengamanan di sejumlah gereja besar dan kecil dilakukan secara bersama dengan personel dari Forum Komunikasi Pimpinan daerah (Forkopimda).
 

"Disamping instansi pendukung dari seperti Kodim 0421/LS, Satpol PP dan instansi pendukung lainnya, kami juga dibantu dari pengamanan swadaya masyarakat seperti Pecalang dan Ormas Banser," katanya.

Ia menekankan kepada seluruh anggota yang terlibat pengamanan Natal tetap waspada dan tidak meremehkan pekerjaan pengamanan.

"Melakukan antisipasi kerawanan gangguan keamanan, Kamseltibcarlantas, kriminalitas ataupun kejahatan jalanan, dengan menggelar patroli satuan Samapta, satuan lalu lintas dan unit Tekab 308 presisi terutama pada titik-titik rawan dan padat aktivitas masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Natal 2023, Kapolri ajak umat Nasrari jaga persatuan di tengah perbedaan politik
Baca juga: Kapolda NTB: Ada 87 personel terlibat pelanggaran hukum

 

Ia pula mengatakan, pada malam Natal ini, pukul 19.00 WIB pejabat Forkompimda Kabupaten Lampung Selatan juga memantau pelaksanaan ibadah Natal di Kota Kalianda seperti Gereja Ngisonando, Gereja Taman Agung dan GPDi Jemaat Vicktori Kalianda.

  "Kami mengharapkan kepada masyarakat agar ikut serta mendukung perayaan ibadah natal saudara-saudara kita dengan menciptakan suasana lingkungan yang damai dan tentram," ujar dia.