RSUD Mataram promosi layanan PSC 119 ke sejumlah hotel

id RSUD Mataram

RSUD Mataram promosi layanan PSC 119 ke sejumlah hotel

Tim PSC (public safety center) 119 RSUD Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, melakukan kunjungan ke sejumlah hotel guna menciptakan "safe community". (ANTARA/HO-RSUD Mataram)

Selain promosi kesehatan, kedatangan kami sekaligus sosialisasi upaya meningkatkan kesadaran kondisi aman dan sehat atau safe community di perhotelan
Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, melaksanakan program kunjungan ke sejumlah hotel untuk melakukan promosi kesehatan melalui PSC (public safety center) 119.

"Selain promosi kesehatan, kedatangan kami sekaligus sosialisasi upaya meningkatkan kesadaran kondisi aman dan sehat atau safe community di perhotelan," kata Direktur RSUD Kota Mataram dr NK Eka Nurhayati di Mataram, Sabtu.

Puluhan hotel yang di datangi tim RSUD Kota Mataram merupakan hotel bintang dan non bintang antara lain, Prime Park Hotel, Aston Iin, Cristal City Hotel, Hotel Santika, Fave Hotel, dan lainnya.

Baca juga: RSUD Kota Mataram turunkan tim PSC patroli pantau potensi bencana

Dikatakan, safe community dimaksudkan memberikan kesadaran pihak hotel tentang pentingnya memberikan pertolongan sesegera mungkin ketika menemukan kondisi kegawatdaruratan di sekitarnya.

Termasuk pada tamu-tamu yang menginap di hotel masing-masing agar dapat mengetahui keberadaan tim PSC melalui panggilan 119, sehingga tamu yang mengalami gangguan kesehatan bisa tertangani dengan cepat.

"Jadi momentum kunjungan kami menjelang Tahun Baru 2024 menjadi saat yang tepat melakukan promosi kesehatan pada kalangan pelaku usaha hotel mengingat terjadi peningkatan okupansi hotel," katanya.

Baca juga: RSUD Mataram menurunkan Tim PSC pantau dampak banjir

Selain itu, sebagai bagian layanan kepada para wisatawan yang libur Tahun Baru 2024, pihaknya juga telah bekerja sama dengan pihak hotel dengan membagi-bagi brosur.

Pada brosur itu disampaikan, RSUD Mataram juga menyiapkan layanan kepada penghuni hotel yang mengalami gangguan kesehatan melalui tim PSC 119.

Sementara untuk persiapan tim medis di RSUD Kota Mataram saat perayaan tahun baru, dikatakannya, pihaknya sudah menyiapkan layanan IGD dengan berbagai sarana dan prasarana memadai.

"Biasanya pada tahun baru potensi kecelakaan lalu lintas tinggi, jadi semua dokter disiagakan ketika dibutuhkan," katanya.

Baca juga: Mataram turunkan tim PSC 119 ke pusat gempa
Baca juga: RSUD Mataram beri layanan perawatan di rumah selama libur lebaran