Capres Prabowo sebut tak perlu khawatir soal utang, RI sangat dihormati

id prabowo subianto,Debat capres 2024,Debat ketiga pilpres,Pilpres 2024,Pemilu 2024

Capres Prabowo sebut tak perlu khawatir soal utang, RI sangat dihormati

Capres nomor urut dua Prabowo Subianto memberi salam sebelum menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor 2 Prabowo Subianto mengatakan bahwa dirinya tidak mengkhawatirkan soal intervensi negara lain terkait utang luar negeri karena Indonesia tidak pernah gagal bayar dan sangat dihormati oleh negara-negara lain."

Saya kok tidak terlalu khawatir negara lain mau intervensi kita soal utang, kita sangat sangat dihormati, tidak pernah default, saya keliling seluruh dunia mereka sangat hormat dengan Indonesia, kita tidak pernah gagal utang, saya sangat optimis," kata Prabowo dalam debat ketiga calon presiden Pemilu 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam.

Prabowo mengungkapkan hal tersebut saat menjawab pertanyaan panelis soal risiko intervensi dari negara pemberi utang.

Dia menegaskan bahwa melalui pertahanan yang kuat, Indonesia tidak akan diintervensi oleh negara lain.

"Kita harus punya kekuatan pertahanan yang kuat, supaya tidak bisa di intervensi, tidak bisa di gertak, tidak bisa diintimidasi, hanya dengan kekuatan kita akan di hormati," ujar dia.

Dia menjelaskan bahwa utang luar negeri Indonesia dibandingkan dengan produk domestik bruto (PDB) nasional menjadi salah satu terendah di dunia.

"Kita berada di sekitar 40 persen (rasio utang terhadap PDB), sedangkan banyak negara jauh dia atas kita," ucap dia.

Menurut Prabowo, melalui kebijakan hilirisasi, Indonesia akan memperoleh keuntungan sebagai bangsa.

"Strategi ekonomi yang tepat terutama dengan hilirisasi, dimana kita bisa dapat keuntungan sebagai bangsa," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023 dan debat kedua pada 22 Desember 2023, KPU menggelar debat ketiga yang mempertemukan para capres.

Baca juga: Capres Ganjar sebut hilirisasi produk baterai majukan kerja sama Selatan-Selatan
Baca juga: Anies miris setengah anggota TNI tidak miliki rumah dinas saat debat capres

Tema debat ketiga meliputi pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.