TPN Ganjar-Mahfud Md temui kiai dan nyai di Malang

id Kota Malang, Pilpres, Pemilu,TKN Ganjar-Mahfud,pilpres 2024, pemilu 2024, capres-cawapres,KH. Marzuki Mustamar

TPN Ganjar-Mahfud Md temui kiai dan nyai di Malang

Deputi Kinetik Teritorial TPN Ganjar-Mahfud, Luki Hermawan (kanan) saat berbincang dengan KH. Marzuki Mustamar di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (10/1/2024). ANTARA/HO-TPN Ganjar-Mahfud.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md bertemu dengan KH. Marzuki Mustamar di Pondok Pesantren Sabilurrosyad Gasek, dan Nyai Hasyim Muzadi di Ponpes Al Hikam, di Kota Malang, Jawa Timur.
 

Deputi Kinetik Teritorial TPN Ganjar-Mahfud, Luki Hermawan di Kota Malang, Jawa Timur, Rabu mengatakan bahwa dalam pertemuan dengan KH. Marzuki Mustamar, ia mendapat pesan untuk selalu menjaga hubungan baik antar sahabat.

"Beliau berpesan, sahabat harus lebih tinggi daripada pilihan politik. Sebab, Pilpres hanya sementara saat di bilik suara. Jangan sampai proses satu menit mencoblos itu berpengaruh ke hubungan antar-manusia Indonesia," kata Luki.

Luki menambahkan, dalam pertemuan itu, Luki dan KH. Marzuki saling mengenang cerita ketika Luki menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur pada periode 2018-2020. Saat itu, Luki dan KH. Marzuki sering kali bertemu untuk memberi semangat untuk mengamankan Jawa Timur.

Selain itu, lanjutnya, KH Marzuki juga berbicara tentang situasi politik menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, termasuk terkait dengan pemberhentian KH Marzuki sebagai Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur.

"Saya diundang dan diajak bicara di kediaman beliau. Beliau ini sahabat saya sejak dulu. Tadi kita bicara banyak hal, termasuk masalah Pilpres. Beliau beri banyak sekali pesan, doa, dan amanah untuk Pilpres ini," tambahnya.

Sementara itu, KH Marzuki mengatakan bahwa kedatangan Luki ponpes tersebut merupakan adalah salah satu cara merajut silaturahim, terlepas dari dukungan politik. Ia mengibaratkan, jika suatu saat dirinya wafat pasti membutuhkan doa Luki, begitu pula sebaliknya.

"Saya tak akan cawe-cawe, obok-obok pilihan orang. Yang penting ukuwah wathoniyah. Untuk pemuka agama, dakwahkan agama ini dengan cara yang soft, yang bijak dan bisa jaga persatuan," tuturnya.

Di akhir pertemuan, KH Marzuki memberikan doa terbaik untuk Mahfud Md yang sedang berkontestasi di Pilpres. Ia berharap semua keinginan Luki dan Mahfud dikabulkan oleh Allah dan menjadi pemimpin yang amanah.

Sementara itu di Ponpes Al Hikam, Luki bertemu dengan Nyai Hasyim dan putra-putranya, dan pertemuan dilakukan tertutup. Dalam pertemuan itu, Luki merasa seperti kembali saat ia masih aktif sebagai seorang polisi di Malang.

"Kiai Marzuki bilang, sahabat itu harus tetap dijaga. Apapun pilihan politiknya, harus sama-sama menghormati. Kalau di Nyai Hasyim, saya merasa flashback saat dulu. Sudah saya anggap beliau ibu saya sendiri. Doa-doanya yang tulus untuk saya sejak dahulu," ujar Luki.

Pada Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasang calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 November 2023.

Baca juga: Capres Anies sebut calon presiden harus siap ditanya siapa saja
Baca juga: Berbeda pilihan bukan berarti bermusuhan


Berdasarkan hasil pengundian nomor urut, KPU menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.