Jurnalis Wael Dahdouh tiba di Mesir perawatan medis

id jurnalis Waelal Dahdouh,jalur gaza,mesir,palestina,israel

Jurnalis Wael Dahdouh tiba di Mesir perawatan medis

Perlengkapan yang dipakai oleh jurnalis saat meliput di Gaza, Palestina. ANTARA/Anadolu/aa.

Kairo (ANTARA) - Jurnalis Al Jazeera, Wael al-Dahdouh, tiba di Mesir dari Jalur Gaza pada Selasa (16/1) dalam perjalanannya ke Qatar untuk menjalani perawatan kesehatan. Sindikat Jurnalis Mesir mengatakan pihak berwenang Mesir telah memfasilitasi kedatangan Dahdouh di Mesir dari Gaza.

“Dahdouh mengatakan dia akan melakukan perjalanan ke Qatar untuk perawatan medis,” kata badan jurnalis itu dalam sebuah pernyataan.

Belum ada komentar dari pihak berwenang Mesir mengenai laporan tersebut. Dahdouh telah kehilangan istri, dua putra, putri, dan cucu laki-laki selama serangan Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Pada Desember 2023, jurnalis Palestina itu terluka, dan rekannya, juru kamera Samer Abu Daqqa, tewas dalam penembakan Israel ketika mereka meliput perkembangan situasi di Kota Khan Younis di Gaza selatan.

Pekan lalu, Sindikat Jurnalis Mesir menganugerahi Dahdouh Penghargaan Kebebasan Pers 2024 sebagai penghormatan atas ketangguhan di tengah serangan Israel. Israel telah melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas yang menurut Tel Aviv menewaskan 1.200 orang.

Sedikitnya 24.285 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, telah terbunuh akibat serangan Israel. Sementara itu, 61.154 orang terluka, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Baca juga: Israel tak ada kemajuan capai tujuannya dari perang Gaza
Baca juga: Sekjen PBB Antonio tak ingin Lebanon jadi seperti Gaza


Menurut PBB, 85 persen penduduk Gaza telah menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah tersebut rusak atau hancur.

Sumber: Anadolu