PLN bentuk 163 Posko Siaga Pemilu demi kelancaran Pesta Demokrasi 2024 di NTB

id PLN,NTB,Pemilu 2024,Posko Siaga,Keandalan Listrik

PLN bentuk 163 Posko Siaga Pemilu demi kelancaran Pesta Demokrasi 2024 di NTB

Petugas PLN UIW NTB siaga di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024. (ANTARA/HO-PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat (NTB) berkomitmen untuk menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di masa siaga yang telah ditetapkan. 

PLN UIW NTB siap memberikan dukungan penuh dalam menjaga kelancaran dan keandalan listrik selama proses pesta demokrasi berlangsung dengan membentuk 163 Posko Siaga Pemilu. Langkah ini diambil guna memastikan pasokan listrik yang stabil dan terjamin selama pelaksanaan Pemilu di seluruh wilayah NTB (14/2).

Posko-posko ini disiapkan sebagai dukungan teknis dan operasional yang siap merespon dengan cepat setiap kebutuhan darurat yang mungkin timbul selama proses Pemilihan Umum berlangsung. 

General Manager PLN NTB, Sudjarwo, mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung Pemilu dengan menyediakan pasokan listrik yang andal dan stabil di seluruh NTB. 

"Dengan membentuk Posko Siaga Pemilu, kami berharap dapat merespons dengan cepat setiap kebutuhan darurat yang mungkin timbul selama proses Pemilihan Umum berlangsung," katanya.

PLN NTB menginformasikan kondisi daya mampu pada masa Pemilu 2024 di Sistem Lombok memiliki daya mampu 336 MW, beban puncak tertinggi 314 MW, dan cadangan daya 22 MW. 

Adapun pada Sistem Tambora, memiliki daya Mampu 153 MW, beban puncak tertinggi 134 MW, dan cadangan daya 19 MW, menunjukkan kesiapan PLN menghadapi lonjakan beban listrik.

Sudjarwo melakukan peninjauan langsung ke beberapa lokasi strategis, termasuk Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi NTB, KPU Kota Mataram, dan beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Mataram, memastikan personel dan peralatan siap pada hari-H pemungutan suara.

Walikota Mataram, Mohan Roliskana, mengapresiasi upaya PLN NTB dalam memastikan kelistrikan selama Pemilihan Umum 2024 tetap andal. 

Ia berharap dukungan dari PLN, terutama dalam hal kelistrikan, dapat menjaga kelancaran proses pemilu hingga selesai.

"Terima kasih banyak sudah melakukan pemantauan terhadap beberapa TPS-TPS yang ada di Kota Mataram yang saat ini sedang melaksanakan pesta demokrasi dan kami berharap mudah-mudahan dukungan dari PLN terutama untuk daya kelistrikan dalam proses pemilu pada hari ini sampai selesai nanti bisa berjalan dengan baik," ucap Mohan.

Baca juga: Dirut PLN pimpin pengamanan pasokan listrik dari Posko Nasional Siaga Pemilu PLN
Baca juga: PLN NTB menyiagakan petugas pada hari pemungutan suara Pemilu 2024


PLN berharap dengan Langkah-langkah yang telah dilakukan dapat memastikan seluruh proses pesta demokrasi berjalan lancar. 

"Dengan segala upaya yang telah kami lakukan, kami berusaha untuk memberikan pasokan Listrik yang andal agar Pemilu 2024 berjalan aman dan lancar," kata Sudjarwo.