Pebalap Red Bull Verstappen juara GP Arab Saudi

id max verstappen,oliver bearman,red bull,ferrari,sergio perez,charles leclerc,f1,f1 2024,gp arab saudi,gp arab saudi 2024

Pebalap Red Bull Verstappen juara GP Arab Saudi

Pembalap Red Bull Max Verstappen berpose dengan mobil RB20 yang akan menjadi tunggangannya untuk menghadapi Formula 1 musim 2024. ANTARA/F1/Red Bull/aa. (Handout F1/Red Bull)

Jakarta (ANTARA) - Pembalap Red Bull Max Verstappen mampu mempertahankan dominasinya di Sirkuit Jeddah Corniche musim ini, menyempurnakan performanya sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas, kualifikasi, dan balapan utama Grand Prix Arab Saudi, Minggu WIB.
 

Verstappen, yang memulai balapan dengan status polesitter, menjadi yang tercepat pada balapan utama di ronde kedua Formula 1 musim 2024, di depan rekan satu timnya, Sergio Perez, dan pembalap Ferrari Charles Leclerc.

Perez dan Leclerc masing-masing hanya terpaut 13,643 detik dan 18,639 detik saja dari sang juara bertahan. Pencapaian ini pun merupakan kemenangan ke-56 dan podium ke-100 bagi sang pembalap Belanda sepanjang kariernya di kelas balap utama.

Selain itu, ini juga menandai kemenangan 1-2 bagi Red Bull yang diraih secara beruntun setelah hal serupa terjadi di pembuka musim, Grand Prix Bahrain, beberapa waktu lalu.

Verstappen langsung tampil kuat pada balapan dengan total 50 lap tersebut dan tidak membiarkan posisi terdepan direbut oleh Perez dan Leclerc, yang merupakan pesaing terberatnya di dua ronde pertama Formula 1 2024 ini.

Meskipun sempat tersalip oleh Lando Norris (McLaren) pada lap 11, Verstappen, yang saat itu hanya terpaut kurang dari 1 detik, langsung berakselerasi demi merebut podium tertinggi, yang pada musim lalu gagal ia rengkuh.
 

Pada pertengahan balapan, tepatnya di lap 25, duo Red Bull tak membiarkan status mereka sebagai tim terkuat digeser, dan Norris turun ke posisi ketiga, tepat di depan Leclerc dan Lewis Hamilton (Mercedes).

Melengkapi daftar final lima besar adalah Oscar Piastri (McLaren) dan Fernando Alonso (Aston Martin) dengan margin masing-masing 32,007 detik dan 35,759 deetik.

Meskipun penampilan Verstappen yang solid merupakan sorotan utama dari GP Arab Saudi 2024, pembalap cadangan Ferrari, Oliver Bearman, juga berhasil merebut perhatian penonton dan para penggemar setelah finis di P7 pada debutnya di grand prix F1.

Bearman, pembalap asal Inggris berusia 18 tahun, berada di antara para kompatriotnya, yaitu George Russell (Mercedes) di posisi keenam, Norris di posisi kedelapan, dan Hamilton di posisi kesembilan.

Baca juga: Iannone optimistis jelang debut di kelas balap WSBK
Baca juga: Tim Balap Pertamina Enduro VR46 ungkap livery pada musim 2024

Pembalap muda yang masih berkompetisi di kelas balap F2 itu memiliki selisih waktu 42,679 detik dari Verstappen, dan meraih poin buat Ferrari pada balapan utama F1 pertamanya ini. Ia pun dinobatkan sebagai F1 Driver of the Day oleh Formula 1 dan penggemar.

Sementara itu, putaran ketiga Formula 1 2024 adalah Grand Prix Australia yang akan bergulir di Sirkuit Melbourne pada 22-24 Maret.